Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Kepada Pewawancara

 

Sudah siap dengan kemeja baru untuk interview, CV pun sudah terlihat menarik. Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam wawancara dan anda harus mempersiapkan jawaban Anda terlebih dahulu. Ketika interview berakhir, anda bertanya pada diri anda “apakah ini sudah selesai?”  Tetapi biasanya wawanacara berakhir dengan pertanyaan dari anda mengenai perusahaan yang anda lamar. Dan tahap ini akan membuat pewawancara akan lebih memilih anda untuk bergabung ke perusahaan tersebut jika anda aktif.  Aktif bagaimana caranya? Cobalah untuk bertanya, selain anda menunjukkan minat anda terhadap perusahaan ini, anda juga terlihat aktif dalam wawancara.

Manfaat jika kamu bertanya ke pewawancara yaitu memperlihatkan keinginan anda terhadap posisi dan perusahaan yang anda lamar. Yang kedua Anda mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut yang akan menjadi pertimbangan anda untuk menerima posisi tersebut jka anda diterima.

Berikut ini merupakan contoh pertanyaan yang anda tanyakan kepada pewawancara :

1.      Untuk posisi yang saya lamar, apa keuntungan yang perusahaan anda berikan untuk saya?

Dengan bertanya seperti ini, anda tidak semata-mata hanya mengejar gaji setiap bulannya tetapi anda juga memiliki visi jangka panjang untuk perusahaan. Dan anda juga terlihat memperhatikan jenjang karir dimasa depan.

2.      Bagaimana anda melihat saya bermanfaat bagi perusahaan ini?

Mencari tahu bagaimana anda terpilih dari puluhan bahkan ribuan kandidat lainnya. Memberi anda kesempatan untuk memperluas kualitas yang anda punya.

3.      Sebenarnya tanggung jawab apakah untuk posisi yang saya lamar?

Walaupun anda sudah mengetahui apa saja yang akan anda kerjakan untuk posisi tersebut, tak ada salahnya ditanyakan kembali. Anda tidak mau jika anda melamar sebagai mekanik dan karena anda tidak bertanya terlebih dahulu apa tugas anda dikantor baru tersebut maka anda harus melakukan tugas yang berbeda misalkan sebagai sales mesin mekanik.

4.      Apa project pertama saya jika saya bekerja diperusahaan ini?

Hal ini membuat anda jadi tahu apa yang harus anda kerjakan ketika anda diterima di perusahaan tersebut. Dengan pertanyaan seperti ini menghasilkan nilai plus di mata pewawancara.

5.      Siapa yang akan mengevaluasi pekerjaan saya?

Pertanyaan tersebut akan memperlihatkan anda struktur departemen dari perusahaan yang anda lamar. Apakah anda akan langsung melaporkan laporan bulanan anda kepada wakil presdir atau ke manager anda terlebih dahulu.

6.      Apakah ada training untuk internal karyawan? Dan bagaimana tanggapan karyawan jika diadakan training?

Hal ini menunjukan kesediaan anda untuk menambah keterampilan baru dan beradaptasi dengan hal baru. Adapatasi sangat penting ditengah perubahan jaman sekarang ini.

7.      Kenapa anda memilih perusahaan ini?

Jawaban dari pertanyaan ini merupakan sumber informasi yang banyak untuk diri anda. Karena pewawancara dapat membantu kamu untuk menguatkan hati jika kamu diterima.

8.      Bagaimana keberhasilan seseorang diukur di perusahaan ini?

Bertanya dengan pertanyaan ini membuat anda mempunyai pemikiran seperti bos, anda juga akan terlihat sebagai seseorang yang bekerja semaksimal mungkin untuk menuju keberhasilan.

9.      Mengapa karyawan terakhir meninggalkan posisi ini?

Cara terbaik untuk mengetahui informasi menganai perusahan ini bisa dicari dari alasan karyawan pindah atau mengundurkan diri dari posisi tersebut. Semoga informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan anda lagi untuk menerima pekerjaan itu.

10.  Bolehkah saya menghubungi anda jika saya ada pertanyaan nanti?

Sebuah pertanyaan penutup yang bagus ketika anda akan mengakhiri interview, Anda akan selalu bisa bertanya diluar waktu interview ketika kamu ingin bertanya seputar kantor yang anda lamar.

Wawancara adalah suatu percakapan yang dibutuhkan untuk mengetahui satu sama lain untuk memutuskan kandidat mana yang terbaik untuk posisi dalam suatu perusahaan. Wawancara bukan hanya membicarakan tentang prestasi tetapi bagaimana suatu chemistry tersebut terbentuk antara pelamar dengan pewawancara. Dan ingat pertanyaan ini adalah saran yang digunakan jika anda memerlukannya dalam wawancara.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s