Social Media Bisa Menjadi Bumerang Untuk Karir Anda.

 

Pernah mendengar karyawan di pecat karena menulis hal negatif mengenai perusahaan dimana dia bekerja. CareerBuilder Indonesia mengutip dari Daily Maily, seorang karyawan di Inggris, sebut saja Andrea, dipecat staf HRD di kantornya karena mengomentari penghasilan atasannya. Dan masih banyak kasus pemecatan dikarena karyawan menulis sesuatu yang menurut HRD merugikan perusahaan. Dengan berkembang nya era blogging dan media sosial hampir seluruh karyawan memiliki akun twitter maupun facebook, terkadang mereka tidak sadar dimana dia mencurahkan mengenai kehidupan pribadi dan kehidupan profesionalnya di akun media sosial mereka.

Saat ini banyak HRD yang menilai perilaku karyawan tidak hanya di dalam kantor tetapi juga di luar kantor. Jagalah etika anda ketika bersosialisasi di dunia maya. Hal ini tidak disadari oleh beberapa karyawan yang sangat aktif di media sosial atau bisa dibilang maniak status. Sebelum Anda menulis status di media sosial, alangkah baiknya anda ikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Santunlah dalam berkata-kata di status akun sosial media karena akan merusak image anda.
  2. Ketika anda sedang izin tidak masuk, janganlah membuat status yang memberitahukan kalau anda sedang pergi atau sedang melakukan yang seharusnya tidak dilakukan karyawan yang sedang izin sakit.
  3. Janganlah membuat status yang berhubungan dengan perusahaan, seperti anda mengeluh lelah karena anda lembur atau karena gaji anda belum turun dan masih banyak hal lainnya. Hal ini sangatlah fatal jika sampai ada HRD perusahaan anda yang melihat status tersebut, karena akan menurunkan citra dari perusahaan tempat anda bekerja. Menggunakan media sosial untuk mengungkapkan apa yang anda rasakan itu hak pribadi setiap orang tetapi kalian harus bijak dan berfikir dahulu sebelum anda menulis status di media sosial. Apakah hal tersebut akan merugikan anda atau sebaliknya.

One thought on “Social Media Bisa Menjadi Bumerang Untuk Karir Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s