HASIL JOB SATISFACTION SURVEY

CareerBuilder Indonesia sebuah perusahaan rekruitmen online yang berasal dari Amerika Serikat mengadakan survey mengenai Job Satisfaction para pekerja di Indonesia, yang bekerja sama dengan FinanMOS ITB. Sampel disebar melalui Social Media CareerBuilder Indonesia selama satu minggu dengan jumlah 121 Responden dengan 28 pertanyaan. Berikut ini adalah hasil surveynya :

Survey Job Satisfaction

Secara keseluruhan tingkat kepuasan koresponden terhadap pekerjaannya antara laki-laki dan perempuan relative sama, karena hanya berbeda 1 %. Yaitu tidak merasa puas atau tidak cocok dengan pekerjaannya sekarang. Hal ini bisa disebabkan kurang cocok dengan passion, pekerjaan yang tidak sesuai atau lingkungan yang tidak nyaman, dan masih banyak lagi alasannya.

Survey Job Satisfaction 2

Kesimpulan dari data survey yang diterima adalah:

–          Usia 20-25  dan 26-31 Tahun

Menghasilkan 77% dan 76% yang merasakan ketidakpuasan / tidak bahagia dalam bekerja saat ini.

–          Usia 32-37 dan 38-43 Tahun

Jumlah presentasi yang didapat hanya berbeda 18% yaitu 68% utk 32-37 tahun dan 50% untuk 38-43 tahun untuk persentasi ketidakpuasan mereka dalam bekerja.

–          Usia  > 43 Tahun

Pada usia diatas 43 tahun, persentase ketidakpuasan dengan puas dalam bekerja sama yaitu 50-50.

 

Survey Job Satisfaction 3

Berdasarkan lama bekerja  seorang responden maka dapat diambil kesimpulan :

1.      Fresh Graduate –  Level Staff ( <1- 3 Tahun ) Bagi mereka yang baru memulai kerja sebanyak 71% koresponden merasa tidak puas akan pekerjaannya.

2.      Senior  (4 – 5 Tahun) Dalam level senior hasil ketidakpuasan mereka dalam bekerja sebesar 65% tidak beda jauh dengan level FreshGrad/Staff.

3.      Manager ( > 5 Tahun ) Berbeda dengan level manager, pada tingkat ini mereka sudah puas akan pekerjaannya sekarang.  Terlihat dari persentasi OK JOB lebih besar dari yang lain.

Kami CareerBuilder Indonesia dan FinanMOS ITB melakukan survey bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan anda terhadap pekerjaan anda saai ini. Survey ini bersifat independen, tidak terkait dengan penilaian kerja di perusahaan tempat anda bekerja.

 

Menurut Bapak Franz Dirgantoro, President Director CareerBuilder Indonesia mengenai hasil survey JOB SATISFACTION mengatakan “Banyak hal-hal yang membuat koresponden tidak puas akan pekerjaannya yang dapat dikategorikan dalam dua faktor”. Berikut ini adalah faktor-faktor yang membuat koresponden tidak puas akan pekerjaannya :

1.      Informasi

Informasi pekerjaan sering kali tidak diperoleh secara maksimal oleh para jobseeker khususnya fresh graduate hingga level staff. Sehingga mereka tidak mengetahui secara pasti pekerjaan yang mereka lamar dengan kualifikasi mereka.

2.      Link and Match

Banyak para karyawan/pekerja yang pekerjaannya tidak sesuai dengan bidang, seperti contoh kasus banyak pegawai bank diposisi teller atau customer service yang background pendidikannya lulusan hukum/psikologi. Bahkan ada juga sales marketing sebuah majalah tetapi dia adalah lulusan Hubungan Internasional (HI).

Kesimpulan akhir dari survey Job Satisfaction ini, semakin lama anda bekerja tingkat kepuasannya sudah memenuhi apa yang inginkan dan tingkat depresi dalam sebuah pekerjaan itu pasti selalu ada. Bisa dipengaruhi oleh faktor target yang harus dicapai,tanggung jawab akan posisi mereka sekarang atau tingkat kejenuhan selama bekerja dan masih banyak hal lainnya.

Sumber : CareerBuilder Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s