Menentukan Step Karir Anda

Setelah lulus dari kuliah, banyak mahasiswa yang belum tahu mau kerja apa nanti nya. Mr. CB akan memberikan beberapa tips untuk menentukan step karir kamu.

images

Apa saja sih yang harus dilakukan untuk membangun karir kamu?

1. Kenali diri dan bakat yang dipunya

Banyak mahasiswa setelah lulus kuliah mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan apa yang telah dipelajari selama kuliah. Seperti contoh kasus beberapa teman MR. CB dia mahasiswa lulusan hukum sekarang menjadi Account Executive di media/agency iklan dan mahasiswa lulusan broadcasting sekarang menjadi karyawan hotel di jakarta dengan posisi Front Desk. Tidak ada salahnya jika anda memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan selama anda suka, enjoy dan mempunyai jenjang karir yang menjanjikan. Asal jangan merubah step karir di setelah 3-4 tahun bekerja karena akan menurunkan standar gaji yang anda dapatkan selama anda bekerja.

2. Fokus dan tekun dalam pekerjaan yang anda lakukan.

Bekerja di perusahaan besar, kecil atau sedang berkembang anda harus fokus dan kerjakanlah pekerjaan dengan sepenuh hati serta bertanggung jawab. Jika anda memiliki pekerjaan sampingan, jangan pekerjaan sampingan tersebut menggangu pekerjaan pokok anda. Anda harus pintar untuk mengatur waktu agar semua berjalan dengan lancar dan seimbang.

3. Money can change anything.

Jangan sampai uang dapat membuat anda lari dari path karir anda yang telah anda bangun selama ini. Banyak tawaran menggiurkan bahwa pekerjaan A lebih menghasilkan banyak uang dari pada pekerjaan yang anda lakukan sekarang. Sebaiknya kukuhkan hati anda, belum tentu pekerjaan A akan cocok didiri anda dimasa depan, apakah sesuai dengan passion anda? Pertimbangkan plus minus nya terlebih dahulu sebelum anda memilih pekerjaan lain.

4. Jauhilah perasaan iri kepada teman yang berpenghasilan besar.

Teman anda memiliki penghasilan yang lebih besar dari anda, lulus kuliah di tahun yang sama, mendapatkan pekerjaan di bulan yang sama tetapi penghasilan berbeda setelah bekerja beberapa tahun? Janganlah iri terhadap hal seperti itu, lebih baik dijadikan motivasi, mengintropeksi diri dan mencari tahu kiat-kiat dia bagaimana bisa berpenghasilan lebih. Dan menjadi kan hal tersebut motivasi kita untuk bekerja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s