Pentingnya bersikap positif untuk keberhasilan mencari kerja.

Hampir semua orang dapat memahami bagaimana sulitnya mencari kerja dan perasaan frustrasi yang timbul karena belum juga mendapat pekerjaan. Namun, jangan biarkan hal – hal negatif ini mempengaruhi semangat dan kegigihan kamu mencari kerja ya. Dengan tetap bersikap positif, kamu akan terbantu untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut adalah Mr. CB berikan beberapa tips untuk bersikap tepat saat mencari kerja :

1. Perusahaan ingin memperkerjakan karyawan yang memiliki passion, memiliki semangat juang dan softskill yang baik untuk berhubungan dengan orang lain. Tunjukkan antusiasme kamu untuk posisi lowongan pekerjaan itu dengan mempelajari perusahaan yang kamu tuju sebelum mengirimkan lamaran kamu sehingga pewawancara akan memberi nilai plus untuk kamu.

2. Berikan kesan yang baik dengan bersikap antusias saat menjalani wawancara. Mulailah dengan langkah sederhana, seperti tersenyum, menjabat tangan dengan erat, duduk tegak dan mempertahankan kontak mata dengan pewawancara, akan menampilkan sikap positif kamu. Perubahan bahasa tubuh sekecil apapun, seperti menggoyangkan kaki dengan tidak sabar dapat merusak upaya kamu untuk membuat kesan yang baik.

3. Banyak belajar dan mencari tahu mengenai tren atau hal-hal yang terkait dengan pekerjaan serta minat kamu. Misalnya dengan mengambil kursus singkat, pelatihan khusus, atau hadiri seminar dan workshop agar keahlian serta pengetahuan kamu selalu up-to-date.

4. Berpikir optimis dan yakin pada diri sendiri bahwa kamu pasti bisa mendapat pekerjaan. Bersikaplah proaktif dengan membangun jaringan untuk mendapat informasi lowongan kerja dari teman – teman kamu. 

5. Ada baiknya kamu mengetahui bagaimana pandangan orang lain tentang kamu. Minta pendapat seseorang yang kamu percaya untuk membaca CV, surat lamaran dan bahan-bahan lain yang akan kamu kirimkan untuk melamar kerja. Mungkin saja ada makna negatif tersembunyi yang dapat masuk ke dalam CV atau surat lamaran tanpa kamu sadari.

Mencari kerja memang merupakan tantangan dalam pasar kerja yang sulit ini. Saran Mr. CB, carilah motivasi dan dukungan serta bicarakan usaha kamu dalam mencari kerja dengan orang – orang terdekat, seperti keluarga, teman bahkan dengan profesional seperti konselor, psikiater, guru, pemimpin agama, dll. Dengan berbagi seperti ini, kamu akan merasa lebih semangat untuk mencari kerja dan mungkin bisa mendapatkan nasihat berharga dari mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s