Ucapan Terlarang kepada Anak Buah


 Menyandang status atasan memang membuat Anda jadi punya ‘kuasa’ mengatur anak buah. Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya saja memerintah atau menegur mereka, tuh. Hati-hati mengeluarkan pernyataan kalau nggak mau dimusuhi mereka. Jadi, sebaiknya hindari, deh, beberapa pernyataan berikut….

“Kamu lebih baik dari saya.”
Memuji karyawan memang bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka. Namun, jangan berlebihan sampai dia berpikir Anda memiliki kemampuan di bawahnya. Posisi sebagai atasan sudah membuktikan kalau Anda punya kompetensi lebih darinya.

“Kamu karyawan terburuk yang saya miliki!”
Kebalikan dari pujian berlebihan, pernyataan ini bisa menghancurkan kepercayaan diri karyawan. Bukannya memperbaiki kesalahan, mereka malah semakin yakin kalau nggak bisa apa-apa.

“Maaf, saya tidak bisa membantu.”
Ada beberapa situasi yang mengharuskan atasan turun tangan untuk membantu. Kalau sampai meminta bantuan Anda, itu tandanya mereka memiliki keterbatasan dalam menyelesaikannya. Lagi pula, sudah tugas atasan membantu dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan karyawan.

“Kita bicarakan saat makan siang.”
Jam makan siang adalah satu-satunya waktu karyawan mengistirahatkan pikiran. Lebih baik biarkan mereka santai sejenak dari urusan pekerjaan di waktu istirahat.

“Jika gagal, kamu tidak akan mendapatkan bonus!”
Atasan yang baik seharusnya bisa memotivasi anak buah. Ucapan bernada mengancam malah membuat mereka nggak bisa bekerja secara maksimal karena merasa di bawah tekanan. Lebih baik ucapkan, “ Jika berhasil, kamu akan mendapat bonus,” agar mereka bersemangat.

 

Sumber : citacinta.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s