Grogi Saat Presentasi ?

Ketika anda harus mempresentasikan hasil kerja anda di depan presiden direktur tentang hasil kerja selama setahun kemarin sebagai bahan penilaian karyawan apakah dia pantas untuk diperpanjang kontrak dan naik gaji atau tidak. Berikut ini MR. CB akan membagikan 9 cara cepat mengatasi rasa gugup ketika anda berbicara di depan atasan.

1 .     Jauhkan pikiran anda tentang kesempurnaan dalam berbicara.

Banyak orang berfikir atau berpendapat bahwa ketika mereka berbicara atau mempresentasikan sesuatu haruslah sempurna. Padahal kita tahu bahwa tidak ada hal yang sempurna didunia ini. Karena jika segala sesuatu bersifat sempurna kita tidak akan belajar atau menemukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas diri.

2 .     Mengenal audiens dan menguasai topik

Carilah informasi dan coba hilangkan rasa grogi, takut dan gugup. Kebanyakan orang ketika ingin presentasi tidak berlatih dahulu malam sebelumnya. Cari tahu siapa saja yang akan datang pada saat anda presentasi. Kuasai materi anda jauh lebih dalam agar anda bisa berbicara tanpa harus membaca uraian dalam catatan kecil anda.

3.     Selalu siap untuk hal buruk yang akan terjadi.

Persiapkan pertanyaan yang tidak akan kamu bisa jawab atau pertanyaan terburuk untuk topik anda. Siapkan jawaban untuk pertanyaan terburuk agar anda tidak turun mentalnya ketika anda dihadapkan oleh pertanyaan yang tidak bisa anda jawab.

4.     Praktek menggunakan suara yang lantang pada saat perkenalan.

Hampir semua orang mempersiapkan slide presentasi atau catatan kecil tetapi jarang sekali mereka berlatih untuk berbicara atau berlatih di depan kaca sebelum presentasi. Berlatih di depan kaca juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda karena saat anda benar-benar presentasi di hari -H bukan pertama kali anda presentasi. Minimal 3 kali kamu latihan sebelum berbicara di depan umum.

5.     Melakukan pemanasan seperti kamu ingin olahraga minimal 5 menit.

Pemanasan suara dan sedikit peregangan pada tubuh pada hari dimana anda akan presentasi akan membuat anda lebih siap untuk berbicara di depan umum. 5 menit untuk peregangan badan dan bernyanyilah selama 3 menit hal tersebut akan membuat anda merasa nyaman.

6.     Janganlah kamu meminta maaf pada diri sendiri.

Audiens adalah orang-orang yang mendukung anda , janganlah takut ketika anda salah karena kesalahan bisa menjadi hal positif untuk evaluasi diri.

7.     Positifkan pikiran kamu ketika sedang menarik nafas.

Perasaan sebelum tampil di depan khalayak banyak membuat hati berdebar kencang, jika anda merasakan hal itu anda masih normal cara mengatasinya adalah fokuskan pernafasan anda dan jauhkan aura/pemikiran negative tarik nafas yang dalam lalu keluarkan melalui hidung dan rongga mulut secara bersamaan.

8.     Genggam Microphone anda di tangan kiri jika anda menulis dengan tangan kanan.

Jika anda diberikan microphone, taruhlah di tangan non-dominan kamu. Misalnya anda sering menulis menggunakan tangan kanan,maka genggam microphone di tangan kiri. Agar memudahkan anda jika ada sesuatu yang harus ditulis saat anda sedang berbicara.

9.     Check List

Sebelum anda berangkat kerja,malam sebelumnya buatlah checklist untuk memastikan semua barang yang anda perlukan untuk presentasi dibawa semua dan tidak tertinggal satu barang pun.

Apabila anda sudah melakukan 9 cara tersebut, jangan lupa untuk berdoa sebelum anda berangkat ke kantor dan sebelum presentasi dimulai agar diberikan kelancaran dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s