GAJI KECIL SIAPA TAKUT

 

Kenaikan bahan bakar minyak (bbm) berdampak sangat besar untuk biaya kebutuhan hidup. Mulai dari angkutan hingga harga makanan melambung naik harganya. Namnu naiknya tarif harga bbm tidak diikuti dengan naiknya gaji para pekerja. Bagi mereka yang memiliki gaji kecil pasti sangatlah memutar otak bagaimana gaji tersebut cukup untuk satu bulan kedepan. Pintar-pintarlah anda untuk mengatur keuangan untuk menjaga kestabilan keuangan anda selama sebulan sehingga anda dapat bertahan dengan gaji yang minim. Mr. CB punya sedikit tips dan trik untuk bertahan hidup dengan gaji yang kecil :

Pengaturan Budget Ketika Menerima Gaji

Bagi anda yang sudah memiliki tagihan, sebaiknya pada saat anda menerima gaji sisihkan uang anda untuk membayar tagihan tersebut. Lalu yang kedua sisihkan uang anda untuk biaya transportasi selama satu bulan. Dan yang terakhir jika anda ingin belanja atau membelikan barang yang sudah anda inginkan dari bulan kemarin, pikirkanlah apa saja yang sudah anda keluarkan bulan ini. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, anda pasti tidak mau ditanggal tua nanti anda harus meminjam uang untuk ongkos anda kekantor.

no-credit-cardsKatakan Tidak Pada Kartu Kredit

Ketika teman anda memiliki kartu kredit, bisa membeli barang tapi tidak harus membayar sekarang. Apa yang anda rasakan? Ingin memiliki atau memikirkan tagihan bulan depannya? Bagi kamu yang memiliki gaji kecil tetapi ingin memiliki kartu kredit, Mr. CB sarankan jangan. Jika kamu ingin membeli barang yang nominalnya besar sehingga kamu membutuhkan kartu kredit untuk membelinya, lebih baik kamu menabung dahulu atau jika kamu punya saudara, kakak atau orang tua yang memiliki kartu kredit lebih baik meminjam kepada mereka.

Pekerjaan Sampingan

Tidak ada salahnya jika kamu memiliki pekerjaan sampingan asal tidak menggangu pekerjaan utama. Jika kamu ingin menambah pemasukan bulanan carilah pekerjaan yang bisa dikerjakan diluar jam kerja pekerjaan utama. Penghasilan dari pekerjaan sampingan bisa anda gunakan untuk keperluaan pribadi jika anda ingin membeli sesuatu atau ingin menabung untuk masa depan.

Hemat Pangkal Kaya

Pribahasa tersebut jika dilakukan dalam kehidupan sehari-hari bisa menyelamatkan kita dari krisis keuangan. Hemat bukan berarti anda pelit. Hemat artinya anda harus pintar mengatur keuangan, tidak membeli keperluan yang tidak penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s