Manajemen Waktu Kerja

Pepatah mengatakan waktu adalah uang, pepatah ini sering digunakan oleh para pekerja dimana setiap detik dan menit yag dilalui merupakan sesuatu yang sangat berharga. Ketika seorang pekerja menyianyiakan waktu dalam bekerja akan berdampak buruk pada hasil kerjanya. Contohnya ketika anda mengadakan meeting dengan klien dan anda datang terlambat maka anda mendapatkan nilai minus dari klien. Hal lainnya ketika anda mempunyai deadline pekerjaan, anda harus mengatur waktu anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut tepat waktu. Untuk menyelesaikannya, manajemen waktu anda haruslah tepat. Mr. Cb akan berbagi cara bagaimana mengatur waktu anda untuk menyelesaikan pekerjaan :

Lakukan Sekarang Juga

Jika anda diberikan tugas untuk mengerjakan sebuah project, lebih baik anda kerjakan sekarang juga. Menunda pekerjaan sangat tidak baik, karena pekerjaan akan menumpuk diakhir deadline anda. Pastinya anda tidak mau untuk lembur setiap hari akibat anda menunda pekerjaan. Jangan membuang-buang waktu, karena anda dirugikan oleh waktu jika tidak menggunakan waktu tersebut sebaik-baiknya.

Buatlah deadline untuk diri anda sendiri

Ketika kamu memiliki 3 buah pekerjaan yang harus diselesaikan dalam hari yang sama, pintar-pintarlah untuk mengatur pekerjaan mana yang harus anda kerjakan terlebih dahulu. Pilih pekerjaan yang tidak terlalu berat untuk dikerjakan. Buatlah pengaturan waktu seperti hari ini anda harus menyelesaikan pekerjaan 1 dalam waktu 4 jam, pekerjaan 2 dalam waktu dua jam dan seterusnya. Ketika anda sudah memiliki pengaturan waktu / manajemen waktu yang baik pasti kita akan berhasil menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Hasil pekerjaan anda pun akan menjadi maksimal karena tidak terburu-buru oleh deadline.

Jauhi rasa malas

Kita sering dilanda rasa malas ketika pekerjaan sedang menumpuk, jauhilah karena rasa malas itu hanya dapat menghambat pekerjaan. Ketika rasa malas sedang menghampiri kita, ingatlah pada deadline dan pekerjaan anda yang sudah mau memasuki masa tenggat atau tanamkan pada diri anda jika anda malas maka pekerjaan anda tidak selesai tepat waktu dan anda bisa terancam kehilangan pekerjaan. Setiap orang pasti memiliki cara untuk menyemangati diri sendiri agar tidak malas. Carilah hal yang membuat anda untuk semangat bekerja untuk menghindari rasa malas.

Menghargai setiap detik yang berjalan.

Mengapa kita harus menghargai waktu? Karena waktu tidak dapat berputar kembali, ketika anda gagal dalam satu kejadian anda tidak dapat kembali pada kejadian tersebut. Yang bisa anda lakukan adalah mengevaluasi dan memperbaiki ketika anda harus dihadapkan dengan kejadian seperti itu kembali agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s