Rasanya jadi Freelancer

Tertarik untuk menjadi seorang freelancer? Pekerjaan sebagai freelancer sangat menarik karena tidak adanya bos yang memarahi kita dan bisa mengerjakan pekerjaannya dimana dan kapan pun. Bagi kamu yang sudah bosan kerja kantoran maka bekerja sebagai freelance akan sangat menarik perhatian kamu. Sebelum memulai untuk menjadi freelancer kamu harus baca-baca artikel yang mendukung supaya kamu menjadi freelancer yang professional.

Mr. CB akan mengupas mengenai apa itu freelancer? Manfaat dan ada ga sih long-term career nya kalau kamu pilih pekerjaan sebagai freelancer. Dan kita bisa merasakan rasanya menjadi freelancer.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu freelancer?. Freelancer bisa juga disebut sebagai karyawan lepas, tidak terikat dengan kontrak yang memiliki jangka waktu yang lama. Biasanya hanya pada satu atau dua proyek. Freelancer tidak memiliki jam kerja seperti normalnya karyawan kantoran pada umumnya. Bisa jadi mereka bekerja pada pukul 22.00 malam ketika para karyawan kantoran sedang istirahat, freelancer bisa saja baru mulai bekerja. Secara umum sih freelancer itu bekerja secara independen tidak terkait kepada perusahaan atau si pemberi pekerjaan.

Kenapa ada orang yang memilih pekerjaannya sebagai freelancer? Kebanyakan dari mereka lebih suka untuk mengerjakan pekerjaan mereka sesuai dengan waktu mereka dan hemat ongkos. Hemat ongkos karena pekerjaan mereka bisa dikerjakan dirumah atau dimana saja yang tidak mengharuskan untuk datang ke kantor. Jika kamu ingin menjadi bos, tipe pekerjaan ini juga sangat cocok untuk kamu karena kamu yang mengatur segalanya dari waktu bekerja hingga gaji yang akan kamu hasilkan.

Apakah seorang freelancer bisa sukses di dunia kerja? Tentu saja. Salah satu cara untuk menjadi freelancer yang sukse yaitu harus mempunyai sikap professional yang tinggi. Karena freelancer adalah CEO bagi diri mereka sendiri. Mereka juga menjadi sekertaris, marketing sekaligus direktur. Jadi yang dibutuhkan adalah komitmen terhadapt diri sendiri.

Jika kamu tertarik menjadi seorang freelancer, ada beberapa hal  yang harus kamu perhatikan jika mendapatkan proyek/pekerjaan, yaitu :

 1. Surat Perjanjian Kerja

Bukan karena kita pekerja lepas lalu kita tidak dapat perjanjian kerja, hal utama yang membatasi dan mengatur pekerjaan/proyek seorang freelancer adalah adanya perjanjian kerja. Isi dari surat perjanjian kerja tersebut tidak harus formal, asal tertulis jelas sejauh mana pekerjaan kita, berapa lama jangka waktu pekerjaan/proyek tersebut, dan proses pembayaran yang jelas.

 2. Disiplin dalam bekerja

Karena seorang freelancer adalah CEO dari dirinya sendiri maka yang mengingatkan deadline adalah diri nya sendiri. Disiplin kerja harus di junjung tinggi oleh seorang freelancer, karena sekali anda mengecewakan klien maka anda akan bisa kehilangan proyek/pekerjaan anda untuk selamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s