Life begins at the end of your comfort zone

comfort-zone-karir Betah bermain aman dalam zona nyaman karier Anda? Hati-hati terjerumus zona nyaman yang bisa membuat kemampuan Anda tidak berkembang. Bila Anda berniat mencari “petualangan baru” dalam karier Anda, atau ingin mengetahui tantangan baru di luar sana, maka ada pertanyaan sederhana yang bisa Anda jawab sebelumnya:

1. Apa yang sudah saya lakukan dengan hidup saya selama ini? Sudah cukupkah semua ini? Atau masih ada lagi yang saya tuju?

2. Apa yang sesungguhnya benar-benar saya inginkan dalam hidup dan pekerjaan saya?

Luangkan waktu untuk menjawab dengan jujur pertanyaan ini, mungkin saja dari situ Anda mendapatkan jawaban atas goal apa yang ingin Anda capai lagi dalam kehidupan profesional Anda, peluang apa lagi yang perlu Anda dapatkan, hal-hal apa lagi yang bisa Anda kerahkan untuk mendapatkan yang selama ini belum Anda raih.

imagesss
Bisa saja ini berarti eksplorasi kembali di internal kantor, seperti mengambil peran dan tanggung jawab manajerial, leadership yang mungkin selama ini Anda tunda, atau mengambil tantangan baru yang selama ini belum pernah Anda kerjakan, namun sebelumnya masih merupakan cakupan keahlian Anda.

Mungkin saja jawabannya Anda temukan di perusahaan Anda saat ini, mungkin juga di luar sana. Lakukan komparasi dan studi banding dengan profesional lain di bisnis PR seperti Anda, langkah taktis apa yang biasa mereka lakukan bila sedang berada di tahapan ini, cari referensi penambahan pengetahuan dan skills baru yang bisa Anda peroleh, formal maupun informal untuk memperkaya lagi khasanah profesional Anda. Cari tahu spesialisasi apa lagi yang bisa Anda pilih, bila sudah waktunya Anda fokus mengasah kompetensi baru demi peningkatan kualitas profesional Anda.
dream career
Rasa jenuh, dapat juga berarti seseorang merasa kurang tantangan dan perlu mendapatkan tantangan baru. Tugas Anda untuk mencari peluang mendapatkan tantangan baru tersebut, untuk menghidupkan kembali antusiasme Anda.

Rasa enggan untuk melakukan pilihan-pilihan yang tepat dalam karier, bisa membuat jenuh dan bosan.

(Donna Turner-Career Expert)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s