Atasi Klien Yang Menyebalkan

klien careerDalam dunia kerja, beberapa orang mungkin akan berhubungan langsung dengan para kliennya. Namun, nama klien tentunya sudah tidak asing lagi bagi mereka yang bekerja di garda depan penjualan atau customer service. Menurutnya, klien adalah raja. Untuk itu harus dilayani sebaik-baiknya. Akan tetapi, klien itu memiliki sikap yang berbeda-beda. Mulai dari yang baik hingga menyebalkan. Klien yang menyebalkan itu terkadang melimpahkan amarahnya kepada customer service.

Lalu, bagi Anda yang bekerja sebagai seorang customer service, apa yang bisa dilakukan untuk menghadapinya? Alangkah baiknya harus bersikap tenang dan sabar. Jangan sampai emosi Anda terpancing hingga membuat buruk nama perusahaan. Selain sabar dan tenang, ada hal lain yang harus Anda lakukan untuk menghadapinya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara menghadapi klien yang menyebalkan:

1. Tetap bersikiap profesional

Saat Anda dimarahi oleh klien, sebaiknya jangan menanggapinya dengan perasaan. Pikirlah secara logis dan cari tahu hal apa yang menyebabkan si klien marah. Anda bisa langsung menanyakannya secara baik-baik dan bila perlu menenangkannya. Setelah itu, berikanlah informasi mengenai permasalahan yang dihadapi si klien.

2. Mendengarkan keluhan dengan baik

Saat klien menunjukkan ekspresi marah, sebaiknya Anda membiarkannya dahulu sampai tenang. Namun, dengarkan semua keluhan klien dengan sabar dan ramah. Jangan sampai Anda terpancing emosinya. Dengan begitu, klien yang menyebalkan itu mungkin akan berhenti mengomel dan malah balik mendengarkan Anda.

klien3. Menjawab pertanyaannya dengan profesional Pada saat klien Anda mengajukan beberpa pertanyaan atau berkonsultasi, jawablah secara profesional. Jangan sampai ada keraguan dalam pernyataan Anda jika tak ingin emosi si klien kembali meledak. Untuk itu, Anda perlu memiliki strategi yang baik dan mengkomunikasikannya dengan tenang hingga membuat si klien merasa yakin.

Itulah cara menghadapi klien yang menyebalkan. Semarah apapun, Anda dituntut untuk selalu sabar menghadapinya.  Tetap tenang dan sabar merupakan kunci untuk menghadapi si klien. Posisikanlah diri Anda sebagai penasihat terbaik sehingga perlahan akan tercipta kedekatan emosional. Cara tersebut tentunya akan membuat klien lebih mudah untuk dikendalikan. Selain itu, hadapilah permintaan klien dengan bijak

Sumber : CiriCara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s