Hey FreshGrad, Read This!

Collage

Menyelesaikan kuliah dan menjadi sarjana ada salah satu tahap awal memasuki dunia baru bagi sebagian besar orang. Menyelesaikan studi berarti sudah siap untuk memasuki dunia kerja. Sarjana muda atau yang biasa disebut dengan Fresh Graduatepada umumnya masih berusia 22-25 tahun dan tergolong muda. Sebagai seorang fresh graduate, biasanya belum memiliki pengalaman bekerja. Padahal beberapa lowongan pekerjaan yang ditawarkan meminta pengalaman kepada pada pendaftar jika ingin bekerja di perusahaan tertentu. Lalu bagaimanakah seorang fresh graduate ‘berjuang’ untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya walaupun belum ada pengalaman sama sekali? berikut lima poin penting untuk anda fresh graduate yang akan meniti karier awal.

1. Jangan berhenti belajar

Selesai kuliah bukan berarti anda juga selesai belajar. Justru di dunia selepas dari kehidupan kampus anda bisa mendapatkan banyak ilmu baru yang tidak anda dapatkan di bangku perkuliahan. Rajin-rajin mengikuti forum atau berdiskusi agar anda mendapat tambahan ilmu dan pengembangan diri.

2. Temukan Passion Anda

Passion atau minat ada satu hal penting yang patut anda perhatikan ketika akan mencari sebuah pekerjaan. Bagi yang sudah tahu minat dan keinginannya bekerja di mana akan lebih mudah memetakan lowongan pekerjaan apa saja yang harus dia masuki. Bila anda belum menemukan passion anda, jangan berkecil hati. Eksplorasi diri anda sampai anda tahu anda cocok bekerja di bidang apa dan memiliki kemampuan apa.

3. Meminta bantuan

Jaman sekarang, mencari pekerjaan memang susah-susah gampang dan tricky. Banyaknya lowongan pekerjaan juga berbanding lurus dengan pelamar nya. Maka tidak heran banyak fresh graduate yang sudah berbulan-bulan lulus namun belum juga mendapatkan pekerjaan. Bila anda termasuk salah satunya, tidak masa bila anda meminta bantuan kepada teman atau orang-orang terdekat untuk memberi rekomendasi lowongan pekerjaan kepada anda. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari pentingnya menjaga dan membangun koneksi dengan orang lain.

4. Berwirausaha

Anda sudah menemukan passion anda dan ternyata anda tidak ingin bekerja kantoran atau bekerja di perusahaan milik orang lain?. Anda mungkin tertarik pada bidang wirausaha. Memulai wirausaha bukan hal yang mudah tapi dengan bekal ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama kuliah bukan tidak mungkin anda membuka bisnis anda sendiri dan malah membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Pastikan anda sudah memikirkan dan membuat rencana yang matang untuk membuka usaha anda.

5. Menikah

Bila anda sudah memiliki kekasih dan sudah siap untuk menjejaki tahap yang lebih tinggi, setelah lulus kuliah dan sembari menemukan pekerjaan impian, anda bisa membangun keluarga. Dengan menikah, rasa tanggung jawab anda akan semakin besar sehingga anda tidak bermain-main dengan hidup dan pekerjaan anda serta memiliki motivasi kuat untuk memiliki karier yang bagus.

Lima opini penting untuk anda para fresh graduate ini dapat anda aplikasikan untuk memulai mencari pekerjaan atau menata masa depan anda. Kesuksesan dalam hidup anda ditentukan oleh diri anda sendiri bukan? selamat berjuang, freshgrad!

 

sumber : vemale.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s