Buat Lingkungan Kantor Supaya Nyaman.

Bagi sebagian besar karyawan, tempat kerja sulit untuk dianggap sebagai rumah kedua baginya. Memang benar nyatanya, mereka setuju bahwa pekerjaan yang meningkatkan stress, deadline yang mencekik, revisi yang menumpuk, kunjungan manager ke dalam kubik, dan tempat kerja tak dapat membuat perasaan menjadi lebih baik.

Bagaimanapun juga, kesuksesan suatu perusahaan tak lepas dari kesejahteraan karyawannya. Para manager pun harus menyadari bahwa memperbaiki kesejahteraan karyawan dapat menunjang kualitas perusahaan. Namun, pada kenyataannya sebagian besar manager atau atasan tak menganggap hal ini penting. Maka sebagai seorang karyawan anda harus melakukan sesuatu agar dapat bertahan dari segala goncangan. Inilah beberapa tips untuk membuat tempat kerja menjadi lebih menyenangkan, dan membuat anda lebih produktif.

 

Senyum

Senyum adalah hal yang pertama dan yang paling utama. Senyum terkadang dapat memperpanjang waktu deadline anda jika anda beruntung. Senyum adalah hal yang paling penting karena dapat membuka jalur yang baik ke berbagai arah. Sekalipun anda sedang tak ingin tersenyum, maka tersenyumlah. Bayangkan jika anda datang ke kantor dengan perasaan runyam dan muka tertekuk. Pada saat itu orang lainpun akan merasa sulit untuk menyapa anda. Hadapilah kenyataan bahwa bersikap murung dan kesal tak akan membuat pekerjaan anda selesai, jadi tersenyumlah. Baca juga: 3 Cara Agar Lebih Produktif Dalam Bekerja

 

Lakukan sosialisasi

Sadarilah lingkungan kerja anda bukan hanya dalam kubik anda atau hanya divisi anda. Lingkungan kerja anda adalah kumpulan divisi serta kubik yang berisi orang-orang dengan beragam sifat. Jadi jangan mengurung diri dan mengunci diri anda dalam kubik anda sendiri. Curilah sedikit waktu anda untuk sekedar berkunjung ke divisi atau kubik lain untuk sekedar berbincang dan bercanda.Buatlah orang lain mengetahui keberadaan anda. Buatlah orang lain tahu semua kebaikan yang ada pada diri anda. Sehingga anda akan merasa nyaman dengan siapapun.

Lelucon ringan

Simpan dan ceritakanlah lelucon-lelucon ringan yang anda temui dan ketahui kepada orang lain. Ciptakan sedikit gurauan tentang teman kerja lain tak akan membunuh anda. Peragakanlah ekspresi kesal atasan anda dengan cara yang lucu pada teman lain, namun berhati-hatilah dalam melakukannya. Pujilah kecantikan atau ketampanan teman di sekitar anda agar dapat berbagi senyuman. Jangan pernah takut untuk di tertawakan saat menceritakan lelucon, terkadang sesuatu memang tak sesuai dengan apa yang anda perkirakan.

Bantulah jangan menunggu untuk dibantu

Seperti peribahasa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah bahwa memberi lebih baik dari pada diberi. Ulurkanlah tangan anda untuk membantu kesulitan teman kerja anda, walaupun anda tak dapat membantu banyak. Berusahalah meringankan beban orang lain maka orang lain akan meringankan beban anda. Ciptakanlah suasana gotong royong, kerja sama, bahu membahu dengan yang lain. Lakukanlah hal terbaik yang anda bisa lakukan terhadap orang lain.

Jangan terlalu sering melihat jam

Tenanglah anda pasti akan mendapatkan jam istirahat anda. Tenanglah anda pasti dapat pulang ke rumah anda. Walaupun ternyata hari ini anda tak bisa pulang ke rumah atau tak bisa pulang tepat waktu, tetap nikmatilah waktu yang berjalan. Jadi jangan terlalu banyak melihat jam, lakukanlah pekerjaan terbaik yang bisa anda lakukan saat itu, hari itu, dengan waktu yang di sediakan. Tak perlu memikirkan apakah akan selesai hari ini atau memikirkan harus selesai hari ini. Melihat waktu hanya akan membuat anda tambah khawatir akan deadline yang mendekat. Serta berdoalah atasan anda menghargai apa yang telah anda kerjakan.

Rencanakan waktu kumpul bersama Rencanakan waktu untuk berkumpul bersama sesama teman kerja atau atasan. Sekedar dinner, lunch, vacation bersama untuk menjalin keakraban dan melepas rasa lelah. Kumpul bersama dapat pula memperluas relasi, memunculkan kesempatan dan memperbaiki gambaran yang buruk. Itulah beberapa tips yang di perlukan untuk memperbaiki lingkungan kerja yang kurang menyenangkan.

sumber : ciricara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s