Stop Menjadi Workaholic

work3

Bagi beberapa orang, workaholic adalah sifat yang mendarah daging. Namun bagi sebagian lainnya, workaholic bisa jadi sebuah tuntutan karir yang harus dipenuhi. Sebenarnya menjadi workaholic bukanlah hal yang dilarang. Namun akan sangat disayangkan jika kebiasaan workaholic sampai mengganggu kesehatan atau sisi kehidupan yang lain.

Jika kebiasaan workaholic mulai mengganggu kesehatan dan sisi kehidupan kalian yang lain, lakukan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir oleh All Women Stalk.

1. Tentukan batasan
Salah satu hal yang terpenting untuk berhenti jadi workaholic adalah membuat batasan antara pekerjaan dengan kehidupan. Pastikan kalian hanya bekerja pada jam kerja. Setelahnya, waktu kalian adalah untuk hal lain seperti hobi, keluarga, dan lainnya. Pastikan kalian menggunakan jam kerja seefektif mungkin. Jangan datang terlambat ke kantor dan selesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini akan membuat kalian tak memiliki beban setelah pulang ke rumah.

2. Tidur cukup
Berkaitan dengan menggunakan waktu kerja seefektif mungkin, kalian juga harus menggunakan waktu istirahat dan waktu luang dengan efektif. Produktivitas saat bekerja juga dipengaruhi dengan waktu istirahat yang cukup. Pastikan kalian tidak begadang hingga larut hingga besoknya tak konsentrasi dengan pekerjaan.

3. Luangkan waktu untuk teman
Salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk berhenti jadi workaholic adalah dengan berkumpul bersama teman. Kebanyakan orang melewatkan hal ini. Jika kalian tak bisa bertemu dengan teman setiap hari, temui mereka seminggu sekali atau dua minggu sekali. Kelilingi diri kalian dengan teman-teman yang saling mendukung dan menyenangkan. Dengan begitu, kalian telah melepas penat dari pekerjaan.

4. Temukan hobi
Menemukan hobi baru atau menekuni hobi yang sudah kalian miliki adalah langkah baik untuk bersantai setelah jam kerja yang panjang. Kalian juga bisa melakukan hobi bersama teman dan keluarga untuk sekaligus menghabiskan waktu bersama mereka.

  5. Pikirkan kesehatan
Kebanyakan orang yang memiliki kebiasaan   workaholic kadang tak memperhatikan           kesehatan mereka. Ketahuilah bahwa               kesehatan juga berpengaruh terhadap             pekerjaan kalian, jadi jangan remehkan. Jika   kesehatan kalian buruk, kalian juga tak bisa   naik jabatan sekeras apapun kalian bekerja.   Jadi, seimbangkan pekerjaan dan kesehatan diri. Jangan bekerja berlebihan dan tak memperhatikan kesehatan.

work6. Habiskan waktu di alam terbuka
Menghabiskan waktu di luar rumah dan dia alam terbuka sesekali bisa menurunkan tingkat stres. Kalian juga bisa melepaskan pikiran dari pekerjaan dan tak perlu cemas. Ini bisa dilakukan setiap hari jika rumah kalian dekat dengan tempat-tempat yang masih alami dan asri.

7. Jangan buka internet
Apakah pekerjaan kalian harus menggunakan internet? Jika tidak, sebaiknya putuskan sambungan internet ketika bekerja. Ini akan membuat kalian semakin fokus bekerja dan membuat pekerjaan semakin efektif. Semakin efektif pekerjaan kalian dan semakin cepat pekerjaan selesai, kalian juga memiliki lebih banyak waktu untuk hal lainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan agar tak menjadi workaholic. Terkadang seseorang melakukan banyak pekerjaan di luar jam kerja mereka karena saat jam kerja efektif mereka tak terlalu fokus. Hal ini merugikan diri sendiri karena kalian akan menghabiskan banyak waktu bebas hanya untuk bekerja.

Sumber : Merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s