Find Your Career.

Beberapa bulan belakangan ini Anda sering merenung di depan komputer kantor dan selalu bertanya dalam hati, “Apakah ini yang ingin saya lakukan seumur hidup?” Well, rasanya bukan cuma Anda yang tengah merasakan hal itu, ladies. Tapi bukan wanita namanya jika Anda menyerah pada karier yang stuck atau (even worse) tidak Anda inginkan. Dan jika Anda selalu membaca berbagai buku karier super-tebal tapi justru melihatnya sebagai beban, sekaranglah saatnya “banting stir” dan mulai mengambil langkah pasti untuk menggapai karier impian.

FightF or Yourself

“Fight” Yourself

Ketika Anda ingin melakukan perubahan, sangatlah wajar ketika hadir pergulatan batin. “Inikah langkah yang tepat?”, “Bagaimana jika gagal?”, atau “Apakah si dia akan mendukung?” adalah beberapa pertanyaan standar yang pasti akan Anda hadapi. Yakinkan diri bahwa Anda bisa sukses dengan melukis, menjadi koki profesional, atau arsitek seperti cita-cita Anda semasa kecil. Karenanya Anda harus memenangkan pertarungan dengan diri Anda sendiri dulu sebelum mengambil langkah selanjutnya.

Move Your Feet

Setelah Anda memantapkan niat, segeralah bertindak! Tulis berbagai macam kegiatan serta aktifitas yang paling Anda senangi, lalu cocokan dengan jenis pekerjaan yang melibatkan hal menyenangkan tersebut. Ini merupakan langkah awal untuk mengetahui minat serta keinginan dalam meniti karier. Lihat juga keahlian dan kemampuan yang dimiliki, agar dapat menunjang pilihan karier tersebut. Jika Anda kesulitan menemukannya, berbagai tes minat karier dapat membantu dalam proses ini.

Pendidikan Itu (Selalu) Penting

Yes, victory loves preparation, dan amunisi paling berpengaruh dalam pencapaian ini adalah dengan pengetahuan serta wawasan yang Anda miliki dalam memasuki karier. Jalur edukasi formal sampai saat ini dinilai berhasil untuk memberikan pengetahuan dasar dalam minat yang dipilih, dan didukung lingkungan yang membuat Anda kaya akan informasi dan kreatifitas. Jangan pernah malu untuk memulai lagi pendidikan formal Anda karena tak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Tyra Banks saja bahkan tak ragu untuk kembali menempuh jalur edukasi di Harvard Bussiness School pada usia 38 tahun, dear. See her as your role model!

Ikut Kegiatan Penujang Karier

Jika Anda ingin menjadi seorang financial advisor, tak ada salahnya untuk menghadiri seminar-seminar yang diadakan oleh para pakar seperti Ligwina Hananto, atau ikut kursus singkat memasak bersama Farah Quinn jika Anda ingin mengikuti jejaknya. Menambah kemampuan bahasa juga bisa dijadikan pilihan lho, seperti mengambil kursus bahasa Prancis untuk mengejar mimpi sampai ke kota mode dunia.

Percaya Diri

Dengan segala persiapan matang yang telah dijalani serta kemampuan yang dikuasai, saatnya menampilkan hal tersebut dalam diri dan juga sikap Anda. Berani untuk menunjukkan diri, serta menunjukkan perusahaan yang dituju bahwa Anda layak untuk bergabung. Or else, berani untuk memulai bisnis sendiri dengan segala persiapan yang sudah direncanakan tadi. Good luck!

sumber : cosmopolitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s