Kamu sudah menemukan pekerjaan yang memuaskan?

Cara mengetahui apakah Anda telah menemukan pekerjaan yang memuaskan: carilah perasaan itu. Perasaan senang karena Anda telah melakukan sesuatu yang Anda sukai. Perasaan itu akan membuat Anda berpikir, ?Heran, aku lagi bersenang-senang kok dibayar.? Namun sadari juga bahwa tidak realistis berharap dapat merasakan perasaan itu terus-menerus. Kita tidak sedang hidup di surga! Pekerjaan yang ideal akan membuat Anda merasakan perasaan itu sewaktu-waktu tetapi cukup rutin. Misalnya, sebagai seorang motivator, perasaan itu datang ketika seorang klien menemukan kebenaran baru dan pergi dengan perasaan percaya diri dan terinspirasi.

Sebagai penulis, perasaan itu datang ketika sehabis bergulat dengan kata-kata akhirnya kata-kata yang sempurna muncul untuk mengekspresikan konsep yang ingin kita ungkapkan. Untuk menemukan sebuah pekerjaan yang benar-benar memberi kepuasan, cobalah menjawab pertanyaan di bawah ini:

  1. Apakah tujuan personal Anda?
  2. Apakah tujuan professional Anda?
  3. Bagaimana kedua tujuan itu saling melengkapi?
  4. Perbedaan apa yang ingin Anda buat di tempat kerja Anda?
  5. Seperti apa Anda ingin dikenal?
  6. Hadiah apa, atau kekuatan apa, yang Anda berikan pada atasan, rekan kerja, pelanggan atau klien Anda?

Berdasarkan jawaban pertanyaan di atas, Anda dapat mulai membuat pernyataan-pernyataan yang menggambarkan nilai Anda (fulfillment statement). Pernyataan seperti itu cukup singkat saja, satu atau dua kalimat saja, tetapi benar-benar menggambarkan Anda. Berikut ini beberapa contohnya: – Untuk mendorong para professional agar menghargai bakat alamiah mereka dan menggunakan kekuatan mereka untuk memperkaya dunia. (seorang motivator karir) – Untuk membuat para siswa berpikir, memeriksa keyakinan-keyakinan mereka, dan bertumbuh dalam pengetahuan dan pengertian mereka. (seorang guru) – Untuk menghubungkan konsumen dengan produk dan layanan yang meningkatkan kehidupan mereka (seorang salesperson) – Untuk memberikan solusi teknologi yang melayani, bukan menghambat, pemilik bisnis. (seorang sales solusi IT) – Untuk menulis dan merancang musik untuk film yang menghibur dan membuat orang terharu serta terinspirasi pada tingkat emosional/spiritual. (seorang musisi) Gunakan rumus ini ketika Anda ingin menuliskan pernyataan Anda sendiri: Kata Kerja berisi tindakan + Siapa dan Apa + Manfaat bagi orang lain Setelah melihat contoh-contoh di atas, silakan membuat kalimat Anda sendiri dan menerapkannya dalam pekerjaan. Mudah-mudahan Anda menemukan kepuasan bekerja dan keberhasilan luar biasa yang menyertainya. –

Sumber : Konsultan karir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s