Career Change are Opportunities.

Tek Lan CBI

Pernahkah terlintas di kepala kamu, bekerja dengan dua posisi dalam satu perusahaan? Hal ini sekarang sedang dialami oleh wanita yang memiliki nama Tek Lan Chandra. Lebih akrab dipanggil Tek Lan oleh rekan kerjanya, sekarang beliau bekerja di PT CareerBuilder Indonesia (CBI) sebagai GM Finance & Operations.

Wanita kelahiran tahun 1977 ini adalah lulusan Universitas Tarumanegara. Tek Lan memulai karirnya di tahun 2000 dengan bekerja selama 5 tahun di sebuah perusahaan tax and management consultant, PT Tomidapajow Konsultama. Setelah dari perusahaan konsultan tersebut, Tek Lan pernah bekerja di beberapa perusahaan dan pada akhirnya saat ini beliau bekerja di CareerBuilder Indonesia sebagai GM Finance, HR & Operations. Awal masuk PT. Careerbuilder Indonesia pada tahun 2013 sebagai GM Finance dan HR. Oleh karena perkembangan perusahaan yang meningkat sehingga mengharuskan Tek Lan harus menghandle operation juga. Apa saja yang dikerjakan bagian operation sebuah perusahaan ? Bagian operation mengerjakan/mengawasi/membuat rencana semua hal yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut, mulai dari penjualan produk, marketing, pengembangan produk, dll.

“ Be Humble, Be Honest, Do Your Best, All out and God Will Do The Rest” ~ Tek Lan Chandra  

 Tek Lan bukanlah tipe orang yang mempunyai obsesi berlebih, beliau adalah tipe orang yang lebih kepada jalani saja hidup ini tetapi tetap memberikan yang terbaik. Beliau percaya bahwa Tuhan pasti memberikan hikmah terhadap setiap hal yang kita lakukan jika kita lakukan tugas dan tanggung jawab kita sepenuh hati. Tek Lan memiliki cita-cita dari kecil menjadi enterpreuner karena orang tua beliau adalah enterpreuner. Hal ini menginspirasi beliau sewaktu kecil. Tetapi seiring berjalannya waktu cita-cita masa kecil tidak dapat diwujudkan karena ternyata saat ini Tek Lan bisa dibilang sebagai workaholics yang menjadikan cita-cita beliau sewatu kecil dipending sampai pada waktu yang tepat untuk menjadi seorang enterpreuner. Adapun moto hidup beliau dalam menjalani kehidupannya baik dalam hubungan sosial maupun di dalam pekerjaan adalah

Ketika Tek Lan diberikan kepercayaan untuk bertanggung jawab atas operation selain finance & HR di CBI, sebenarnya kesiapan diri beliau antara siap dan tidak siap karena beliau belum pernah memegang posisi operation sebelumnya, akan tetapi bagi beliau hal itu merupakan suatu kehormatan dan kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi dirinya dan beliau juga tidak mau mengecewakan atasannya. Dengan berbekal pengalaman beliau di tempat bekerja sebelumnya di perusahaan yang bidang usahanya sama CBI dan pengalamannya di bidang finance, menjadikan Tek Lan lebih percaya diri untuk menjalankan dua posisi tersebut. Tantangan di posisi operation ini adalah bagaimana mengatur orang yang mempunyai background bukan finance, strategi dalam mengembangkan perusahaan dan mengejar target karena diposisi sebelumnya Tek Lan hanya memiliki target dateline mengirim report dan memantau cashflow perusahaan.

Jika kamu memiliki kesamaan dengan Tek Lan yang saat ini memegang dua posisi manager di sebuah perusahaan atau memiliki pekerjaan sampingan, Tek Lan memiliki tips untuk kamu yaitu jalankan semuanya dengan all out, tetap fokus dan jangan mengandalkan kekuatan sendiri tetapi minta kekuatan dan kemampuan kepada Tuhan dalam menjalani tugas dan tanggung jawab tersebut, dan jangan pernah merasa malu untuk bertanya bahkan kepada orang yang memiliki level posisi dibawah kamu.

Manusia pada dasarnya jika fokus dengan apa yang dijalani dan iklas menjalaninya (jangan suka mengeluh dan jangan mudah menyerah) dan selalu berpikiran positif maka kita akan mendapatkan balasan yang tidak kita duga-duga, hal baik akan menghampiri kita. Mr. CB yakin itu pasti terjadi, mau pekerjaannya banyak atau sedikit kita harus syukuri, jalani apa yang diberikan oleh Tuhan dan kerjakan pekerjaan dengan seluruh kemampuan yang kamu punya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s