Terlalu Lama Menganggur

Bagi kamu yang sudah lama tidak bekerja dan ingin memulai untuk mencari kerja lagi jangan takut. Masih banyak pekerjaan yang menanti kamu diluar sana, bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri untuk menghadapi interview? Buatlah perasaaan antusias itu kembali ketika kamu mendapatkan panggilan interview, janganlah kamu menyesal atau malas karena telah lama menganggur.

Tidak bekerja tidaklah menyenangkan seperti yang kita kira karena memiliki waktu bebas yang banyak, dan tidak dipanggil interview ke dua terkadang membuat perasaan kamu jadi menurun. Apabila kita membawa perasaan tersebut pada panggilan interview berikutnya maka itu akan menghancurkan karir kamu. Cara untuk menghindari perasaan ini yaitu dengan cara fokus terhadap apa yang akan kamu punya atau hasilkan pada sebuah pekerjaan. Ketika kamu bersaing dengan rekan kerja lama kamu, maka buktikanlah bahwa kamu masih memiliki kemampuan untuk bekerja bahkan lebih baik lagi.

Tunjukan kamu masih mampu.

Setiap HRD pasti menginginkan karyawan yang memiliki pengetahuan terbaru mengenai issue-issue yang ada. Jika kamu ingin menunjukan bahwa anda bisa kepada HRD sebuah perusahaan, ceritakan mengenai pekerjaan terakhir kamu yakinkan mereka kalau anda masih familiar dengan pekerjaan yang anda lamar saat itu. Cara lain untum membuktikan bahwa kamu masih memiliki kemampuan untuk bekerja yaitu hubungi mantan bos kamu mintalah referensi dari beliau. Referensi merupakan salah satu cara ampuh untuk membuktikan bahwa kamu masih berkualitas walau sudah lama tidak bekerja.

Kamu kandidat yang mereka cari.

Kecocokan antara HRD – User dan kandidat merupakan hal penting dalam perekrutan pegawai, biasanya HRD & User memiliki beberapa kandidat untuk satu posisi. Tapi bagaimana cara kita supaya bisa cocok dengan kandidat yang mereka cara ketika kamu melakukan wawancara janganlah kamu hanya menjawab pertanyaan tetapi kamu harus terlihat antusias jika ada topik yang dibicarakan oleh HRD/User dan tunjukan juga personality yang baik ketika diwawancara.

Penjelasan kamu nganggur terlalu lama.

Jika kamu tidak bekerja  dalam kurun waktu yang lama, pasti setiap HRD/User akan menanyakan alasan kamu tidak bekerja. Buatlah mereka mengerti dengan alasan yang kuat kenapa kamu tidak bekerja saat itu. Jawablah dengan jujur kepada HRD/User, beritahu kepada mereka  jika kamu mengikuti kelas/kursus ketika kamu tidak bekerja. Sehingga kamu akan terlihat tidak menganggur sepenuhnya dikarenakan hal-hal yang membuat kamu tidak bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s