Trik Lolos Interview

Setiap HRD/User mengetahui apa yang sedang terjadi saat wawancara berlangsung, dan apakah kandidat yang diwawancara tersebut merupakan kandidat yang cocok untuk perusahaan. Ada 5 faktor dimana interview bisa berjalan tidak sesuai dengan keinginan, kesalahan yang terjadi tidak selalu dari diri sendiri dan HRD/User terkadang masih terlalu kompetitif terhadapt kesalahan-kesalahan sederhana.

Ketika ditanyakan kepada HRD/User mengenai kesalahan apa saja yang bisa membuat  interview jadi gagal, berikut ini adalah contoh kasusnya :

51

  • Bahasa tubuh dan cara anda merespon pertanyaan pewawancara dapat memberikan pesan yang beragam kepada mereka, bisa juga salah tangkap apa yang kamu maksud dengan pesan yang diterima oleh pewawancara. Bagaimana caranya agar pewawancara menangkap pesan yang anda maksud. Jadilah perhatian selama wawacara berlangsung, duduk lurus, tatap mata pewawancara dan ketika kamu ingin menjawab pertanyaan berikan waktu jeda sebentar dan berikan jawaban yang bijaksana yang membuat anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan tersebut.
  • Jangan angkat telepon atau memainkan handphone kamu ketika kamu memasuki gedung/lobby kantor yang akan kamu datangi, matikan handphone kamu dan masukkan kedalam tas. Jangan meresikokan interview kamu dengan bermain handphone ketika menunggu HRD/User dan lupa mematikan handphone. Karena handphone dapat mengacaukan konsentrasi dan fokus anda ketika interview berlangsung.
  • Tidak menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya perusahan yang saat ini anda bekerja, jadilah karyawan yang memiliki image yang baik dengan tidak membeberkan kejelekan dari tempat bekerja anda saat ini atau sebelumnya, karena HRD/User akan berfikir apabila kamu diterima dan keluar dari perusahaan yang kamu lamar bisa jadi kejadian ini terulang dan merugikan perusahaan.
  • Gugup, setiap orang bahkan yang sudah bekerja puluhan tahun masih memiliki rasa gugup jika akan interview. Biasanya rasa gugup ini dapat membuat kita lupa untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan saat interview. Gugup dapat menyebabkan lupa untuk melakukan kontak mata dengan pewawancara, cara duduk yang salah bahkan sampai ketika cara berjabat tangan yang salah. Jangan lupa untuk berdoa sebelum kamu akan interview untuk menghilangkan rasa gugup.
  • Berpakaianlah yang sopan. Walau tidak semua perusahaan harus mengenakan kemeja dan rok/celana bahan, tetapi alangkah baiknya jika kamu berpakaian seperti itu. Karena memberikan kesan pertama sangat mempengaruhi penilaian.

One thought on “Trik Lolos Interview

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s