Wistar Tjoetarno “HIDUP ITU PENUH PERJUANGAN”

ID WistarTidak semua orang mendapatkan posisi manager di perusahaan multinasional ketika berumur 30an. Ketika Mr.CB membaca profil dari seorang pria berumur 35 tahun ini, Mr. CB tertarik ingin menulis mengenai perjalanan dia hingga mencapai posisi Manager di sebuah perusahaan multinasional. Sosok seorang pria berumur 35 tahun yang akan Mr.CB bahas bernama Wistar Tjoetarno, saat ini beliau menjabat sebagai manager di sebuah perusahaan otomotif multinasional. Semenjak dia masih anak-anak, Wistar Tjoetarno harus berpindah-pindah tempat. Dari kecil hingga kelas 3 SD beliau besar di Ujung Pandang lalu Wistar pindah ke Bali kelas 4 SD hingga SMA. Wistar bukan berasal dari keluarga yang berada, sehingga ketika lulus dari sekolah pada saat itu Wistar ingin sekali untuk melanjutkan pendidikan ke universitas.

Apa daya dikarenakan keterbatasan materi Wistar pun harus bekerja. Ketika lulus SMA, beliau ditawarkan oleh salah satu tantenya untuk menjadi kasir di sebuah bank swasta. Dan kebetulan juga dibelakang bank tersebut ada sebuah universitas yang belum terakreditasi baik, menurut beliau kenapa tidak dicoba saja untuk kuliah. Masuklah beliau di universitas swasta tersebut, tak lama hanya 1 semester beliau menjalankan pendidikannya di universitas swasta mengambil jurusan akuntansi. Karena beliau berfikir ketika ia lulus dari Universitas tersebut apakah ijazah beliau akan dihargai oleh sebuah perusahaan? Faktanya banyak yang tidak mengetahui universitas tersebut. Semenjakhalituterlintasdipemikirannya, laluWistar kembali mencari universitas negeri yang masih terjangkau. Setelah mencari-cari universitas mana yang cocok dengan beliau, maka ia memilih Universitas Terbuka (UT).

Selain universitas tersebutmerupakanuniversitasnegeri, mahasiswa yang kuliah disana masih bisa untuk bekerja. Anyway ada mitos jika kamu masuk ke UT yaitu mudah masuk tapi susah untuk keluar tetapi Wistar membantah mitos tersebut dan membuktikan bahwa ia mampu menyelesaikan pendidikan di UT selama 2,5 tahun dengan GPA 3.30. Selama belajar di Universitas Terbuka, Wistar juga bekerja sebagai staff salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Lalu dengan ketekunan Wistar dalam bekerja maka beliau berhasil mendapatkan promosi dan naik jabatan menja di Subsection Head. Pada saatitu Wistar merasa kurang dengan pendidikannya jika ingin mendapatkan posisi yang lebih dari posisi beliau saat itu, beliau bilang jika ingin naik jabatan bisa tetapi harus melalui proses yang cukup memakan waktu. Lalu Wistar pun berfikir untuk meningkatkan pendidikannya untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari saat itu. Mulai mencari universitas untuk melanjutkan program masternya dan Universitas Indonesia lah yang menjadi pilihannya. Keinginan fokus pada marketing terpenuhi dengan adanya program Master pada jurusan Marketing Management di Universitas Indonesia.

Dalam perjalanan kuliah dan melalui seleksi ketat, Wistar mendapatkan beasiswa dari The Tokyo Foundation. Sambil bekerja sebagai Supervisor di perusahaan otomotif multinasional, Wistar menyelesaikan gelar Master di UI dengan GPA 3.91. Kesuksesan beliau dilirik oleh berbagai macam perusahaan dibidang otomotif lalu beliau ditawarkan untuk menjabat sebagai manager di perusahaan otomotif multinasional. Kesempatan emas tersebut tidak dilewat kan oleh Wistar, sudah menjabat manager diumur yang masihterbilangmudaini Wistar masih punya keinginan yang masih belum tercapai. Beliau ingin menjadi orang nomor 1 di sebuahperusahaanmultinasionalsebelumumur 40. Itulah salah satu cita-cita beliau yang harus dicapai saat ini. Menurut Mr. CB hal ini pasti akan terjadi dalam waktu dekat karena bisa dilihat kegigihan Wistar dalam meningkatkan kualitas pekerjaan dan pendidikan. Dua tips dari Wistar Tjoetarno untuk pembaca Sinar Harapan agar dapat menggapai kesuksesan yaitu “Harus memiliki Daya Juang dan factor keberuntungan juga sangat berperan penting ketika kita ingin menggapai kesuskesan” Jika kita dapat menyimpulkan dalam satu kata dari perjalanan beliau mengarungi pendidikan serta pengalaman bekerja yang luar biasa hingga menghasilkan posisi manager di sebuah perusahaan otomotif multinasional “BRAVO”.

Salute atas kegigihan beliau untuk mendapatkan apa yang beliau inginkan, dimulai dari bekerja setelah lulus SMA sebagi kasir dan salesman kartu kredit sebuah bank swasta, masuk universitas swasta dan kemudian pindah ke universitas negeri lalu melanjutkan pendidikan untuk program master dan tetap fokus dalam pekerjaan. Tidak semua orang memiliki kegigihan seperti beliau, contoh sikap yang patut dicontoh oleh pembaca Sinar Harapan.

One thought on “Wistar Tjoetarno “HIDUP ITU PENUH PERJUANGAN”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s