First Day at The Office

Akhirnya kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan selama ini, perasaaan senang bercampur deg-degan  karena harus beradaptasi dengan lingkungan baru bercampur aduk menjadi satu. Persiapan baju apa yang mau kamu kenakan selama satu minggu di kantor baru pun sudah ada di pikiran kamu. First day, hal pertama yang kamu lakukan adalah ingin membuat kesan pertama yang baik terhadap atasan baru, rekan kerja baru sampai pada ob di perusahaan baru kamu. Apa yang harus kamu lakukan agar mendapatkan kesan baik di minggu pertama?

1.       Datang Lebih Awal

Menjadi anak baru disebuah perusahaan pasti menjadi center of attention selama satu minggu bahkan bisa satu bulan kedepan, segala perbuatan dan pergerakan kamu menjadi perhatian semua orang. Gak mau kan kesan pertama kamu rusak karena telat datang ke kantor? Jadi usahakan untuk datang lebih pagi setidaknya 30menit sebelum jam masuk kantor kamu.

2.    Berpakaianlah Yang Sopan

Kamu masih ingatkan pakaian yang dikenakan oleh HRD/User yang mewawancarai kamu, jangan sampai kamu salah kostum di hari pertama karena lupa HRD/User memakai pakaian kantor dengan tipe casual or semi formal. Sebisa mungkin di hari pertama berpakaianlah dengan pakaian kerja formal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3.       Gali Informasi Tentang Tempat Kerja Baru

Ketika kamu melamar disuatu perusahaan tidak mungkin kalau kamu tidak tahu informasi seputar perusahaan tersebut. Pas kamu sudah diterima menjadi karyawan perusahaan itu bukan berarti kamu santai dan tidak mencari lagi informasi. Justru kamu harus lebih menggali lebih dalam, karena saat kamu masuk perusahaan tersebut kamu pasti mendapatkan nilai plus jika kamu memgetahui sejarah perusahaan berdiri, siapa CEO dari generasi pertama (jika perusahaan besar).

4.       Percaya Diri

Hari pertama tentunya kamu dikenalkan kepada semua orang yang ada didalam kantor, cobalah untuk mengingat nama mereka ketika kamu berpas-pasan di lorong kantor. Nilai plus lagi yang kamu dapat jika kamu bisa mengingat semua nama rekan kerja kamu dalam satu hari. Satu lagi hal yang harus kamu lakukan jika berkenalan dengan seluruh karyawan di kantor baru.

5.       Ikut terlibat dalam acara kantor

Sudah 1 minggu kamu masuk di kantor baru, sudah mulai beradaptasi dengan rekan kerja baru. Jangan malu untuk ikut terlibat jika ada kegiatan kantor atau sekedar hang out selepas jam kantor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s