Social Media Bisa Merubah Karir Kamu

57

Teknologi berkembang dengan pesat sejak internet masuk ke kehidupan manusia. Segala macam hal bisa dicari melalui internet dari lowongan pekerjaan hingga kepribadian seseorang. Sekarang tren mencari kerja sudah via online, hanya dengan buka laptop dan ketik careerbuilder.co.id anda langsung dapat mencari lowongan pekerjaan di seluruh Indonesia. Tetapi ada satu hal yang harus kamu ketahui, sekarang HR setiap perusahaan pun mencari dan menseleksi karyawan bisa melalui Internet salah satunya melalui Social Media. Menurut Jonathan Bryan (Manager Product and Web CareerBuilder Indonesia) “ karena dari social media rekruter dapat melihat karakter dari calon kandidat karyawan yang sudah di interview” jadi bagi kamu yang suka memposting segala hal di social media semacam facebook, twitter atau linkedin, berikut ini merupakan tips dari Jonathan bagaimana anda terlihat bagus di media social jika ingin mendapatkan pekerjaan :

56

1.  Buatlah account LinkedIn

Karena social media ini merupakan salah satu alat dimana para perekut dapat melihat profil kamu sebelum kamu dipanggil untuk interview.

2.  Pasang foto sewajarnya

Contohnya untuk media social LinkedIn karena media ini adalah media professional dimana kita menampilkan apa yang kita punya. Bisa dibilang LinkedIn adalah CV kita yang bisa dilihat secara online. Jadi apa yang kita tampilkan adalah mencerminkan bagaimana diri kita sebenarnya dan pasanglah foto yang professional.

553. Ngetweet/posting di social media sewajarnya

Jika dilihat oleh rekruter kamu suka ngtweet pada jam kerja, maka perekrut akan menilai kamu tidak sungguh-sungguh bekerja. Bisa jadi malah kamu dianggap malas bekerja, Mr.CB tidak melarang kamu untuk ngtweet tapi diharapkan ngtweet di jam-jam yang pas seperti sebelum masuk kerja, makan siang atau jam pulang kantor.

4. Jangan mengumbar kejelekan perusahaan di Media Social

Sering kali kamu kesal ketika lagi bekerja, janganlah kamu mengungkapkan hal tersebut di media sosial, karena dapat menjatuhkan nama perusahaan tempat kamu bekerja.

Mr. Cb tidak melarang kamu untuk memposting segala keluh kesah yang terjadi dalam hidup kamu, tetapi gunakanlah social media dengan bijak karena kamu tidak pernah tau benefit dan kerugian apa yang akan ketika kamu memposting sesuatu di media sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s