EXIT STRATEGY

Pernah ga sih ketika kamu ingin resign, bingung bagaimana mengutarakannya kepada atasan. Berbohong atau tidak ya? Banyak alasan kenapa kamu ingin resign dari kantor, beberapa contohnya adalah bermasalah dengan salah satu rekan kerja, apalagi jika kamu tiba-tiba mendapatkan tawaran bekerja di perusahaan yang menjadi kompetitor kantor kamu saat ini. Gimana sih cara resign yang benar, tanpa harus meninggalkan jejak yang buruk?. Menurut Bapak Franz Dirgantoro (Presiden Direktur CareerBuilder.co.id) “jika kamu ingin mengundurkan diri sebaiknya dengan cara yang baik karena akan mempengaruhi banyak hal dikemudian hari”. Selain itu Pak Franz  juga memberikan beberapa step yang harus kamu lakukan ketika ingin mengundurkan diri dari kantor :

Bicara  4 (empat) mata dengan atasan

Sebelum kamu menuliskan surat resign, sebaiknya kamu berbicara dengan atasan kamu. Ceritakan saja kepada atasan kamu kalau kamu ingin resign dan apabila sudah dapat pekerjaan penggantinya kamu juga sebaiknya jujur saja. Ada contoh kasus dimana seorang pegawai sudah bekerja selama 3-4 tahun di sebuah perusahaan proses dia mengundurkan diri secara baik-baik, mengutarakan alasan dia keluar karena ingin membuka usaha. Beberapa bulan kemudian diketahui kalau pegawai tersebut malah bekerja di sebuah perusahaan lain. Hal ini membuat citra pegawai tersebut yang tadinya baik tetapi karena dia berbohong citra tersebut menjadi rusak, seperti pribahasa yang mengatakan “karena nila setitik, rusak susu sebelangga” yang artinya hanya disebabkan oleh kesalahn kecil dapat berakibat besar nantinya.

One Month Notice Letter

Ketika kamu sudah membicarakan dengan atasan alasan kamu ingin berhenti bekerja, stepp selanjutnya adalah menulis surat pengunduran diri. Sebaikkan surat pemberitahuan tersebut diberikan kepada HRD satu bulan sebelum kamu mengundurkan diri. Surat penguduran diri adalah suatu prosedur standar setiap perusahaan jika seorang karyawan ingin berhenti.

Email Farewell

Semua step sudah dilakukan, H-2 kamu sebelum kamu mengundurkan diri sebaiknya kamu mengirimakn farewell email kepada seluruh karyawan dan atasan kamu. Email yang berisikan rasa terima kasih kamu kepada semua karyawan dan atasan yang telah memberikan ilmu dan pelajaran selama kamu bekerja di perusahaan tersebut dan meminta maaf jika kamu melakukan kesalahan selama bekerja ditempat tersebut. Jadi ketika kita akan meninggalkan perusahaan janganlah meninggalkan kesan yang buruk. Tiada yang tahukan jika suatu saat nanti rekan kerja kita waktu dulu bisa membantu kita nantinya di masa depan.

Masih banyak berbagai contoh kasus yang bisa Mr. Cb berikan kepada kalian, seperti seorang pegawai bekerja di perusahaan X. Setelah 11 bulan bekerja kinerja yang ditunjukan oleh pegawai tersebut menurun, jarang masuk kekantor dan sering telat datang dan satu sisi dia malah menuntut untuk naik gaji karena dia akan melewati 1 tahun bekerja di perusahaan X. Tetapi HRD dan atasan beliau menolak untuk menaikkan gaji karena dilihat dari kehadiran dia di kantor, datang ke kantor suka terlambat. Pegawai tersebut merasa haknya tidak terpenuhi, karena dia berfikir gaji dia akan naik setelah 1 tahun bekerja dan menuntut perusahaan x jika tidak memenuhi keinginannya akan dilaporkan ke Dinas Tenaga Kerja. Menurut Mr. CB sebaiknya jika kamu menuntut sesuatu sebaiknya kamu instropeksi diri dan menilai diri sendiri apakah bagaimana kinerja kamu selama ini. Apakah kamu pantas untuk mendapatkan hak naik gaji atau tidak. Hal ini membuat perusahaan X lebih baik melepaskan pegawai tersebut daripada menghambat pekerjaan dikantor. Kamu  tidak mau menjadi pegawai seperti contoh diatas kan? Mr. Cb menyarankan untuk mengikuti step-step tersebut jika kamu ingin mengundurkan diri, karena akan membantu karir kamu di masa yang akan datang.

One thought on “EXIT STRATEGY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s