Passion Bukan Segalanya

Hannas – 29 Tahun – Operation Manager Fitnes Center Terbesar di Jakarta

Setelah menyelesaikan studi kuliahnya di STP Sahid mengambil jurusan food and beverage, pria yang akrab disapa Annas memulai karirnya sebagai daily worker di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta selama 6 bulan dan pada saat itu Annas hanya training sebagai helper chef. Setelah menyelesaikan training selama 6 bulan, dia mendapatkan kesempatan untuk training di luar negeri. Ekspetasi Annas ketika mendapat kabar dia training di luar negeri akan wow tetapi kenyataannya ketika dia sampai di Singapore, dia bukan sebagai helper atau orang yang bekerja di dalam dapur tetapi sebagai orang yang membagikan flyer restoran tempat dia bekerja di stasiun, halte-halte dan MRT padahal saat itu dia melamar sebagai waiter. Pada saat itu Annas merasa kecewe dengan apa yang dia dapat, tetapi Annas tidak mundur begitu saja. Dia tetap menjalani training tersebut hingga masa kontraknya habis.

6 bulan berlalu kontrak di Singapore berakhir, Annas mendapatkan tawaran pekerjaan di tempat dimana dia training di hotel bintang 5 di Jakarta. Pada saat itu Annas dipekerjakan sebagai daily worker dengan bayaran Rp.27.500 per hari, setelah Annas menjalani pekerjaannya di hotel tersebut ia merasa harus mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Lalu mulailah Annas mencari pekerjaan kesana kesini dan akhirnya ia mendapatkan pekerjaan di salah satu fitness center terbesar di Jakarta hingga sekarang. Step karir Annas di fitness center bermula dari customer service dan ternyata perjalanan karir dia di fitness center ini bisa dibilang cukup cepat. Kurang lebih 2 tahun ia bisa menjabat sebagai operation manager, berawal dari customer service selama 3 bulan dikarenakan kinerja Annas bagus ia diangkat menjadi supervisor. Annas menjabat sebagai supervisor selama 3 bulan lalu ia mendapatkan promosi diangkat menjadi Assistant Operation Manager. Tak perlu waktu lama untuk Annas untuk naik jabatan manager hanya butuh waktu kurang lebih 3-4 bulan. Annas adalah orang yang selalu mempunyai target dalam hidupnya dan itu adalah motivasi dia dalam bekerja. Itu dibuktikan dengan peningkatan karirnya yang cukup cepat. Dan pada saat itu target Annas adalah ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi dan lagi.

Pada dasarnya Annas memiliki jiwa leadership yang baik karena dia selalu menjadi team leader ketika ia bekerja, hal itu adalah salah satu yang membuat karir Annas bisa meningkat dengan cepat di umur yang masih 29 tahun. Annas juga mengatakan bahwa jika kita tidak memiliki etos kerja yang bagus belum tentu kita bisa mengejar target yang kita punya. Ketika Mr. CB bertanya kepada Annas, apa target dia 2 tahun mendatang? Ternyata Annas mimiliki jiwa Enterpreuner, ia ingin membuka restoran sendiri karena ternyata passion Annas adalah menjadi chef dan masih di seputar food and bevarage. Annas juga mengatakan “ada saatnya saya nanti tidak ingin bekerja dengan orang, saya harus mempunyai karyawan sendiri”. Sebuah target yang mudah dicapai oleh Annas jika kita melihat step karir ia yang begitu cepat. Mungkin tidak butuh waktu 2 tahun ia bisa membuka restoran sendiri.

Jika dilihat dari perjalanan karir Annas, memang pekerjaan yang saat ini dijalani sangat bertolak belakang dengan pendidikan saat ia kuliah. Kenapa? Karena pada saat itu Annas mencari pekerjaan yang bisa ia dapatkan saat itu tidak harus yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Jadi bisa disimpulkan bahwa jaman sekarang banyak orang yang pekerjaannya malah tidak berhubungan dengan pendidikan saat dia kuliah. Karena sekarang orang melihat pekerjaan apa yang bisa menghasilkan uang. Tidak selamanya passion yang kita punya dapat kita jadikan pekerjaan. Mungkin kita harus memikirkan dahulu efek jangka panjangnya jika kita memilih passion kita sebagai pekerjaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s