Do you know about KPI (Key Performance Indicators) ?

Kira-kira jobseeker tau ga sih KPI itu apa? KPI kepanjangan dari Key Performance Indicators yang artinya  alat ukur sebuah organisasi/perusahaan yang digunakan untuk menilai kinerja setiap orang apakah sudah mencapai tujuan dan operasional organisasi/perusahaan tersebut. Bagaimana caranya kita meningkatkan atau membuat KPI diri kita menjadi lebih baik di tempat kita bekerja? Menurut Pak Franz Drigantoro (Presiden Direktur CareerBuilder Indonesia) ada beberapa cara bagaimana seorang karyawan membentuk dan meningkatkan KPI-nya.

Pertama Value, seperti kita ketahui saat memasuki dunia kerja apa sih yang perusahaan lihat dari seorang karyawan selain value atau kemampuan karyawan tersebut. Pak Franz Dirgantoro mengatakan “jika kamu menginginkan penghasilan yang besar kamu harus menambahkan value dalam pada diri kamu”. Banyak karyawan sekarang suka meminta penghasilan yang besar tanpa melihat value apa yang mereka miliki. Pak Franz Dirgantoro menganjurkan kepada para jobseeker untuk perlihatkan value dalam dirinya terlebih dahulu sebelum kamu meminta sesuatu kepada perusahaan. Meningkatkan value bisa dengan beberapa cara, CareerBuilder Indonesia contohkan jika kamu seorang Sales diberikan target penjualan sebesar Rp.30 Juta maka kamu harus bisa melebihi angka target itu seperti Rp. 50 Juta maka value kamu otomatis akan naik karena kamu mampu achieve target bahkan lebih dari target itu sendiri.

Kedua Communication Skill, kemampuan berbicara sangat diandalkan saat kamu berbicara dengan klien, berbicara dengan atasan bahkan berbicara dengan rekan kerja. Kita harus lebih interaktif dengan rekan kerja, klien dan atasan agar KPI diri kita lebih meningkat. Salah satu kemampuan berbicara yang akan CareerBuilder Indonesia bahas yaitu “cari muka di depan atasan”. Kamu pernah dengar kisah seorang karyawan cari muka di depan atasan? Pak Franz Dirgantoro mengatakan, “cari muka  boleh saja asal masih dalam batas normal dan itu wajar adanya” karena cari muka itu merupakan salah satu cara dimana kamu bisa meningkatkan KPI. Cari muka yang dimaksudkan oleh Pak Franz yaitu seorang karyawan yang komunikatif kepada atasannya, tidak takut untuk mengatakan tidak setuju akan keputusan atasannya selama karyawan tersebut memiliki alasan yang tepat. Banyak orang berasumsi bahwa cari muka itu suatu hal negatif ketika kita bekerja. Cari muka itu merupakan sebuah softskill dari komunikasi yang tidak kita sadari, asal cari muka masih dalam taraf normal. Contohnya cari muka dengan cara yang tidak normal yaitu membawakan tas atasannya atau menjelek-jelekan performance rekan kerja di depan atasan karena belum tentu performance kamu lebih baik dari rekan kerja kamu. Ketika kamu memiliki communication skill yang baik Mr.Cb yakin nilai KPI kamu akan menjadi lebih lagi.

Ketiga Hindari Moody, setiap manusia memiliki suasana hati yang bisa berubah-berubah setiap saat. Pada dasarnya ketika kamu bekerja sikap kamu yang moody-an itu tidak boleh ditunjukan ketika kamu berada dikantor. Tetapi kenyataannya di setiap kantor pasti ada saja salah satu karyawan hingga atasan yang suka moody ketika bekerja. “Semua orang memiliki problem yang berbeda-beda tetapi ketika kamu sudah masuk kedalam kantor semua problem itu harus ditinggalkan” kata Pak Franz Dirgantoro. Disinilah KPI kamu juga dinilai oleh perusahaan, teknologi sudah canggih dan bisa mengetahui perasaaan seseorang sedang baik atau tidak bisa dilihat dari social media orang tersebut. Jadi berhati-hatilah ketika kamu lagi ga semangat kerja bisa jadi atasan kamu memantau social media kamu dan memerhatikan kamu saat bekerja bisa-bisa KPI kamu jadi berkurang di mata atasan kamu.

Masih banyak point-point yang membuat KPI kamu jadi lebih baik dan meningkat, sekarang tinggal pintar-pintar kamu saja dalam melakukan pekerjaan. Selalu ingat pesan Mr. CB jangan pernah meminta lebih jika kamu belum tahu apakah bisa memberikannya dan berikan seluruh kemampuan mu niscaya kamu akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang kamu bayangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s