Sucipto Yulham – Outsourcing tidak seburuk yang dikira

 

Pria dengan perawakan kurus dan tinggi yang akan CareerBuilder Indonesia bahas bernama Sucipto Yulham, dahulu dia pernah menjadi pramuniaga di sebuah supermarket di Jakarta. Pekerjaan pramuniaga ia jalani ketika masih menjalani kuliah di Universitas Budi Luhur. Laki-laki yang akrab dipanggil Yulham berhasil lulus dari Universitas Budi Luhur selama 6 tahun dikarenakan kesibukan ia bekerja sambil kuliah yang menjadi alasan kenapa ia baru lulus dari Budi Luhur, setelah Yulham lulus dari Budi Luhur beliau mendapatkan pekerjaan di perusahaan TV Cable di Jakarta sebagai Admin Monitoring. Selang beberapa waktu kemudian Yulham mengikuti tes untuk menjadi bagian dari HRD di Perusahaan TV Cable tersebut kesempatan emas ini tidak disia-siakan oleh Yulham, akhirnya ia pun lolos dan menjadi staff HRD Awalnya Yulham tidak mengetahui sama sekali dengan dunia HRD, tetapi semenjak ia masuk ke lingkup HRD di Tv Cable tersebut Yulham menemukan passionnya dalam bekerja. Ia jadi suka bertemu dengan orang dan bertukar pikiran dengan orang lain.

Tak lama Ilham pun pindah bekerja di sebuah perusahaan Outsourcing khususnya di bagian rekrutmen, dunia baru untuk Yulham karena walaupun masih berhubungan dengan Human Resource tetapi di outsourcing ini Yulham menjadi staff rekrutmen. Karena Ilham mememiliki kinerja dalam bekerja yang baik ia sempat di bajak oleh beberapa perusahaan rekrutmen. Dan pada akhirnya ia berlabuh di PT. Prismas Jamintara hingga sekarang. Awalnya  masuk ke dunia rekrutmen hanya sebagai Relation Officer tetapi saat ini Yulham sudah menjadi Head Recruitment (Business Development) . Suatu prestasi yang membanggakan bisa menjadi Head Recruitment dalam waktu yang cukup singkat. Yulham memiliki beberapa tips untuk kamu pembaca Sinar Harapan agar kamu bisa mencapai kesuksesan yaitu selalu positive thinking, bertanggung jawab atas semua pekerjaan yang kita lakukan dan cintailah pekerjaan kamu. Tiga kunci itu merupakan cara Ilham bagaimana ia bisa sampai di posisi saat ini di dunia rekrutmen.

Pria berusia 34 tahun ini sedikit membicarakan mengenai dunia rekrutmen khususnya outsourcing, seperti yang kita ketahui banyak hal-hal negatif mengenai dunia outsourcing. Menurut salah satu pegawai Bank Swasta di Jakarta Barat mengatakan “Outsourcing itu jahat, mereka memotong gaji karyawan untuk fee mereka”.  Tetapi Yulham mengklarifikasi kepada CareerBuilder Indonesia mengenai issue-issue negatif mengenai dunia outsourcing. Mungkin dari kamu pernah mendengar ada perusahaan outsourching yang meminta biaya pendaftaran kepada jobseeker, hal itu dibenarkan oleh Yulham tetapi dia mengatakan “itu hanya perusahaan outsourcing yang sedang merintis (baru berdiri), tetapi menurut peraturan ketenagakerjaan, pelamar tidak di perbolehkan mengeluarkan uang sepeserpun jika ingin melamar ke sebuah perusahaan”. Outsourcing itu pemotongan gajinya sama saja dengan perusahaan lainnya hanya untuk Jamsostek dan Pph. Jika kamu diminta uang ketika melamar ke sebuah perusahaan, jangan pernah mau dan segera laporakan saja ke instansi terkait. Yulham juga mengatakan banyak keuntungan jika kamu melamar pekerjaan melalui outsourcing tetapi pilihlah outsourching yang sudah terpercaya seperti Prismas Jamintara.

CareerBuilder Indonesia ingin mengingatkan kepada kamu para jobseeker jika ingin melamar disebuah perusahaan. Gali Informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar, jangan pernah mengeluarkan uang untuk pendaftaran atau segala macam alasan agar kamu mengeluarkan uang untuk perusahaan tersebut dan cari tahu di dunia maya mengenai track record mereka dalam perekrutan karyawan. Bagaimana caranya? Biasanya CareerBuilder Indonesia mencari track record perekrutan perusahaan tersebut melalui forum-forum HR bahkan sampai kaskus. Pintar-pintarlah dalam memilih dan melamar pekerjaan jangan sampai kamu tertipu oleh perusahaan yang berusaha untuk mengambil keuntungan para jobseeker khususnya fresh graduate yang baru lulus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s