Persiapan Psikotest

Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual. misalnya saja evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. Yang paling umum adalah mengenai kognitif (biasa disebut intelligence atau IQ), dan afektif (lebih bersifat personality atau juga emosional). Adapula yang mengukur langsung secara konatif, biasanya umum dilakukan dalam tes assessment. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

CareerBuilder Indonesia berpendapat psikotes sebenarnya bukan ujian, karena itu tidak benar kalau dikatakan tidak lulus ujian pesikotes. Karena yang dilakukan oleh psikolog adalah meminta respon atas pernyataan yang diberikan kepada individu sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya orang yang bersangkutan. Respon tersebutlah yang dijadikan indicator untuk memberikan gambaran profil setiap individu yang mengikuti tes. Dengan demikian sebenarnya yang dilakukan oleh psikolog adalah membantu pihak manajemen dalam melakukan “the right man on the right place” atau “job-fit”. Jadi janganlah berkecil hati jika kamu tidak lolos dari ujian psikotes, berarti anda tidak cocok dengan  visi misi perusahaan. Karena semua tes kemampuan dalam psikologi menggambarkan kemampuan dan kompetensi anda sesuai dengan yang anda jawab di lembar jawaban psikotes. Mau tau ga sih apa aja yang harus dilakukan sebelum kamu menghadapi psikotes? Berikut ini merupakan Tips Menghadapi Psikotes menurut CareerBuilder Indonesia :

1. Jangan Begadang dan Istirahat yang cukup

Terlalu senang dan excited karena dipanggil untuk tes interview di perusahaan impian kamu membuat susah tidur. Segala macam baju kamu coba agar besok pagi tidak buru-buru memilih baju. 8 jam adalah waktu tidur yang ideal agar ketika kamu bangun dan menjalani keesokan harinya menjadi lebih prima dan segar.

2. Baca Buku Psikotest

Alangkah baiknya malam sebelum tes berlangsung kamu belajar dan baca-baca lalu pelajari buku tes psikotes. Psikotes adalah sebuah rangkaian tes untuk menilai kepribadian kamu, bukan berarti ketika kamu mempelajari buku tes tersebut kamu dianggap curang karena dianggap bisa mengelabuhi nilai psikotest tersebut. Setiap orang ingin mendapatkan nilai yang terbaik, menurut Careerbuilder Indonesia hal ini diperbolehkan karena HR yang menilai tes tersebut tahu kamu belajar malam sebelumnya atau tidak.

3. Sarapan

Sebelum kamu berangkat interview, CareerBuilder Indonesia menyarankan kamu untuk sarapan atau makan sebelum berangkat. Perut kosong dapat merusak konsentrasi kamu ketika mengerjakan tes. Bagi kamu yang tidak biasa sarapan setidaknya kamu makan roti dan the hangat agar otak lebih optimal dalam mengerjakan tes tersebut.

4. Pahami Petunjuk Awal Pengerjaan

Ketika pada awal kita akan mengerjakan soal-soal psikotes maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah pemahaman yang benar bagaimana cara serta petunjuk mengisi berbagai macam soal psikotes. Karena ada beberapa petunjuk pengerjaan ujian kepribadian ini yang berbeda-beda. Jangan sampai kita salah mengisi karena pemahaman yang keliru dalam mengerjakannya.

One thought on “Persiapan Psikotest

  1. sebenernya lw lgi test psikotes itu harus ngisi sesuai kepribadian kita banget atw bisa kita atur sesuai yg di inginkan perusahaan,,,?

    tapi suka ada model pertanyaan dlm psikotes yg di ulang2 dan di bandingkan dg hal yg berbeda… nah klau kaya gitu kita harus menjawab dg jwabn yg sperti apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s