Emilia Rouli – Head of Human Resources Parazelsus Indonesia

Akhir pekan kali ini Careerbuilder  Indonesia akan menceritakan kisah   dari wanita cantik yang akrab dipanggil Emil. Wanita yang memiliki cita-cita sewaktu kecil menjadi dokter tidak menyangka pekerjaannya saat ini jauh berbeda dengan apa yang diimpikan dan berujar bahwa “sebuah perjalanan manusia dapat berubah sesuai rancangan Tuhan Yang Maha Esa”, ujar Emilia. Emilia tidak menyangka bahwa perjalanan karirnya membawa kepada posisinya saat ini sebagai Head of Human Resources PT. Parazelsus Indonesia.

Wanita yang pernah kuliah di Aksek Tarakanita lalu melanjutkan kuliahnya pada Jurusan Komunikasi ini ternyata mengawali karirnya 13 tahun lalu di Bristol Myerss Squibb sebagai Staff Administrasi di bagian Registrasi obat-obatan. Di sana Ia bekerja hanya beberapa bulan saja sebelum ditawari pindah ke Perusahaan sejenis, Warner Lambert yang kemudian diakuisi oleh Pfizer Indonesia. Di Warner Lambert sudah beberapa kali mengalami pindah divisi mulai dari staff di Medical dan Finance. Pada suatu saat Emil ditawari untuk pindah ke divisi HR oleh Direktur HR pada waktu itu dan karena Emil adalah sosok wanita yang menyukai tantangan, Emil menerima tawaran tersebut.

Berawal dari posisi sebagai HR officer, seorang Emil mampu membuktikan kepada pimpinannya bahwa Ia memiliki potensi kemampuan diri yang bisa diandalkan dan terbukti Emil selalu menerima tugas dan tanggung jawab yang berbeda di lingkup HR. Emil bekerja di Pfizer selama 11 tahun dengan posisi terakhirnya sebagai  HR Business Partner untuk 2 divisi besar yakni Pharma Pfizer dan Divisi Consumer dari Wyeth. Waktu yang cukup lama untuk seseorang menetap di sebuah perusahaan. Namun Emil mengakui banyak tawaran menarik untuk pindah ke perusahaan lain. Tetapi pada saat itu Emil merasa di Pfizer ia mendapatkan apa yang merupakan keinginan seorang karyawan. Emil juga berpikir masih banyak tantangan pekerjaan terutama saat Wyeth bergabung dengan Pfizer.

Seiring berjalannya waktu, tawaran demi tawaran datang menghampiri Emil. Pada satu titik, Emil merasa kapasitas dirinya, tanggung jawab dan pekerjaannya harus ditingkatkan maka ia memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain. Perusahaan di sektor industry sejenis (Farmasi) masih menjadi pilihan Emil untuk berkarir, dan pada akhirnya wanita yang memiliki nama lengkap Emilia Rouli bekerja di Parazelsus Indonesia. Parazelsus merupakan salah satu perusahaan distributor farmasi terbesar di Indonesia. Emil menjabat sebagai Head of Human Resources semenjak tahun 2011 di Parazelsus Indonesia. Careerbuilder Indonesia bertanya kepada Emil, apa saja achievement yang sudah dicapai oleh beliau hingga saat ini? Emil pun menjawab “dengan profesi sebagai HR banyak kontribusi yang sudah dilakukan terhadap perusahaan dan terbukti Emilia pernah meraih penghargaan sebagai Karyawan Favorit sewaktu bekerja di Warner Lambert dan di Pfizer banyak inisiatif utamanya bagi pengembangan Sumber Daya Manusia telah dijalankan. Hal ini merupakan kepuasan tersendiri bagi Emil karena bisa melayani sesame manusia melalui profesinya di HR.

Emil juga memberikan tips kepada CareerBuilder Indonesia bagaimana cara untuk mendapatkan achievement, Emil mengutip bahwa harus terus belajar, banyak memperluas wawasan dan ilmu, berani menerima tantangan dan berinovasi. Tips lainnya adalah memperluas networking, fokus kepada hasil kerja, mampu bekerja di tengah situasi pekerjaan yang kompleks dan mudah beradaptasi.

Emilia Rouli membagi sedikit bocoran kepada CareerBuilder Indonesia buat kamu yang ingin masuk ke dunia pekerjaan, apa saja yang harus kamu lakukan ketika kamu akan interview? Emil menyarankan agar kamu berpenampilan yang baik dan siapkan diri sewaktu hendak menjalani interview, setidaknya kamu harus membuat first impression yang baik. Ditunjang dengan sikap kemampuan bahasa yang baik. Yang terakhir adalah kamu tentunya harus memiliki kemampuan untuk melamar posisi yang diminati dan keahlian yang dapat dijual sehingga perusahaan tertarik untuk merekrut. Jika kita berkontribusi dalam mencapai keberhasilan sebuah perusahaan maka keberhasilan itu juga akan berdampak langsung kepada karyawan baik dari segi materi maupun non materiil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s