Kenali Minatmu Sebelum Kau Berkarir – Jonev Revanches

JonevInspiring People yang akan menjadi topik Careerbuilder Indonesia saat ini adalah seorang pria single  yang memiliki dua profesi sekaligus, pertama sebagai HR Professional pada sebuah bank pemerintah terkemuka di Indonesia dan kedua adalah sebagai Musisi (vokalis) pada sebuah band beraliran ballad. Jonev Revanches (31 tahun), yang akrab disapa ‘Jonev’ oleh rekan-rekannya telah meraih gelar Magister Management  pada tahun 2012 di PPM School of Management, Jakarta. Dalam kesehariannya Jonev berprofesi sebagai HR Professional, namun demikian dirinya lebih suka disebut sebagai seorang musisi ketimbang ‘orang kantoran’. “Musik sudah menjadi bagian dari hidup saya sejak kecil, namun demikian saya suka memberikan tantangan dalam diri saya untuk memperlajari hal-hal lain yang mungkin saja jauh dari idealisme bermusik saya.” Idealismenya dalam bermusik tidaklah membuat Ia puas, Jonev mengawali karirnya sebagai ‘orang kantoran’ dengan jabatan  konsultan junior di bidang Legal & SDM pada sebuah perusahaan konsultan ternama di Indonesia sejak tahun 2005 sampai dengan 2012. Profesi sebagai HR Professional semakin memberikannya inspirasi, sehingga Jonev makin mantap menjalani profesi tersebut hingga saat ini dengan jabatan Manager di bidang Human Capital pada sebuah bank pemerintah terkemuka di Indonesia.

Sebagai profesional muda, Jonev tidak mau menyia-nyiakan peluang untuk maju yang ada dihadapannya. “Alasan saya menjadi seorang HR Professional adalah karena saya merasa bahwa diri saya sangat humanis dan mudah berempati pada situasi yang terjadi di diri orang lain. Itulah yang membuat saya senang melayani serta mendalami karakteristik orang lain.” Berawal dari hal tersebut, Jonev membangun mind set di bidang Human Resources dan menerapkannya dalam kehidupan keseharian di kantor, lingkungan musik dan dengan koleganya. Jonev berusaha untuk belajar mengenai hal-hal baru yang belum Ia ketahui. Dengan pemahaman bahwa dalam setiap bidang pekerjaan yang akan dijalani dari awal, akan selalu ada tahapan pembelajaran untuk mencapai pemahaman yang mendalam melalui tahapan dipaksa-menjadi terpaksa-menjadi bisa-terbiasa-membudaya. Hal tersebut Ia pegang teguh sejak Ia menempuh pendidikannya di bangku pendidikan S2.

Selama lebih dari 7 tahun berprofesi sebagai HR Professional, telah banyak pelamar yang sudah di interview oleh Jonev pada proses rekrutmen. CareerBuilder Indonesia pun juga kepingin tahukan apa saja sih yang harus kita persiapkan ketika akan wawancara kerja. Jonev hanya membagi rahasia ini kepada CareerBuilder Indonesia. Tips bagaimana menaklukan interview untuk kamu para freshgraduate yang paling penting adalah KENALI MINAT MU! Kenapa? Mungkin terdengar klise tapi memang itu adalah inti yang ingin digali oleh para HR pada proses rekrutmen. Sebagai freshgraduate kamu harus mengetahui minat kamu terlebih dahulu, untuk kemudian menentukan profesi apa yang paling tepat untuk kamu jalani. Bagaimana cara kamu mengenali minat tersebut? Menurut Jonev, langkah awal yang mudah untuk mengenali minat kamu yaitu dengan mengenali watak kepribadianmu pada masa-masa kuliah. “Itu salah satu cara mudah untuk kamu bisa mengenali minat diri”. Jonev memberikan pemahaman, “Apabila kamu suka berinteraksi, tampil dan mengekspresikan diri dalam pergaulanmu, artinya kamu memiliki bakat untuk berprofesi sebagai frontliners dengan karakteristik pekerjaan berinteraksi bukan dengan data atau seabreg dokumen yang mendominasi. Terlebih lagi, bila kamu adalah pribadi yang menyukai tantangan, maka mungkin saja profesi yang cocok untuk kamu adalah di bidang marketing”. Jonev melanjutkan, “Sebaliknya jika kamu tergolong orang yang tidak suka berinteraksi dengan orang lain, terutama orang-orang baru dalam hal mendominasi komunikasi dan memenangkan hati mereka, lebih baik kamu memilih profesi di ‘belakang layar’ contohnya analis, atau murni back office”. Jonev memiliki istilah yang dapat kamu contoh untuk menjadi seorang profesional pada suatu bidang, yaitu “… pick one thing, focus on that and do it!”.  Keberhasilan seseorang pada suatu bidang tertentu dapat diraih apabila orang tersebut menyukai hal yang dilakukan, maka output yang dihasilkan akan optimal. “Guys, love your job…” sebuah quote dari Jonev yang menggambarkan bagimana sebuah kesuksesan bisa didapatkan dan itu berawal dari hal apa yang kita sukai.

Menurut CareerBuilder Indonesia jika kamu ingin menjalani sebuah profesi dan ingin menggapai kesuksesan pada bidang tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah KENALI MINATMU. Dari minat itu akan menghasilkan berbagai macam hal yang akan membantu diri kamu menentukan jalan hidupmu. Selain itu Jonev juga memberikan sedikit tips untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan, “Jangan pernah untuk mencontek CV orang lain karena seorang HR pasti tahu apakah kamu membuat CV tersebut sendiri atau copy-paste dari orang lain”. Dan satu hal lagi, berhati-hatilah dalam memilih istilah dan kalimat pada CV kamu, karena jika kamu bertemu dengan pewawancara yang kritis, maka kata atau kalimat yang berpotensi ambigu atau menggelitik, akan menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri dan berujung pada jebakan bagi diri kamu sendiri. “Anak-anak jaman sekarang terlena dengan tampilan. Mereka ingin CV mereka keren secara tampilan, tetapi mereka malah mengabaikan isi dari CV itu sendiri. Padahal bagi para interviewer, peran dari sebuah CV adalah cerita singkat mengenai diri pelamar yang memiliki muatan terbatas seputar knowledge, skill, attitude, experience dan self value…”. CareerBuilder Indonesia menyimpulkan bahwa jika kamu ingin menyusun CV, kamu harus pahami dulu apa yang akan kamu tulis, berawal dari kenalilah diri kamu, kenalilah minat kamu, dan yang terpenting adalah jadilah dirimu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s