Great Cover Letter

Apakah setiap HRD membaca Surat Lamaran kamu? Sebagian mengatakan iya dan tidak. Tapi kamu harus menanamkan dalam dirikamu setiap kamu mengirimkan surat lamaran harus selalu melampirkan surat lamaran / cover letter. Karena pada dasarnya surat lamaran itu satu paket dengan daftar riwayat hidup ketika kamu mengirimkan ke HRD Rekrutmen.

Kamu harus menulis apa saja di surat lamaran kerja kamu? Sedikit tips dari CareerBuilder Indonesia, cara untuk membuat surat lamaran yang baik, yaitu :

  • Dear Who

Tujuan surat lamaran kamu pasti ditujukan ke bagian HRD Rekrutmen, tetapi alangkah baiknya jika kamu sudah mengetahui nama dari HRD tersebut. Keuntungannya adalah surat lamaran dan CV kamu bisa diterima tepat sasaran kepada orang yang menerima dan tidak akan salah orang yang menerima, sebisa mungkin jangan pernah menulis Dear Ibu/Bapak HRD.

  • Posisi Pekerjaan Yang Kamu Apply

Biasanya kamu selalu meng-copy paste semua surat lamaran untuk semua lowongan yang kamu apply, jangan lupa untuk mengganti nama posisi yang kamu lamar dan nama perusahaannya. Sepele namun fatal untuk dilakukan, kamu salah menulis satu hurufpun jangan harap kamu akan dipanggil interview.

  • Alasan Kamu Ingin Bekerja

Menuliskan alasan kamu ingin bekerja juga merupakan penilaian HRD terhadap kamu, pilihlah alasan yang tepat sehigga HRD tertarik untuk memanggil kamu interview. Seperti “Menurut informasi dari karyawan anda yang bernama Andi , perusahaan anda sedang membutuhkan karyawan untuk posisi Accounting….” Atau jika kamu ingin sekali melamar di sebuah perusahaan yang sedang tidak membuka lowongan, kamu bisa menuliskan alasannya seperti ini “Perusahaan X memiliki kesamaan visi dan misi dengan saya dan saya ingin bergabung dengan perusahaan anda”. Masing-masing orang memiliki alasan yang berbeda ketika ingin bergabung ke sebuah perusahaan.

  • Baca dan teliti huruf demi huruf

Sebelum kamu mengirimkan surat lamaran dan CV kamu janganlah tergesa-gesa, minimal kamu baca kembali 2 kali kata demi kata. Hindari typo atau kesalahan menulis dan gunakan ejaan tanda baca yang benar.

Coba diingat-ingat apakah kamu pernah melakukan kesalahan nama perusahaan, atau kesalahan dalam penulisan nama HRD. CareerBuilder Indonesia mengingatkan kepada kamu para jobseeker teliti ulang semua surat lamaran dan CV kamu sebelum kamu mengirimkannya kepada HRD.

One thought on “Great Cover Letter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s