Loyalitas Profesi Seorang Andrea Lusi Anari

ANARI KGBergelut di dunia Human Resources dari awal pertama kali kerja dan tetap setia pada satu perusahaan semenjak tahun 1996 tidak membuat wanita bernama Andrea Lusi Anari merasa bosan. CareerBuilder Indonesia tertarik untuk berbagi cerita mengenai kisah dari seorang HR Corporate Kompas Gramedia hanya untuk kamu pembaca Sinar Harapan. Anari menjalani pendidikannya di Universitas Gajah Mada mengambil jurusan Psikologi. Setelah lulus dari UGM, seperti mahasiswa fresh graduate kebanyakan ia pun masih belum tahu minat kerjanya. Yang Anari tahu, biasanya lulusan psikologi itu akan kerja di bidang HR/SDM. Rezeki memang tidak kemana ya, awal masuk saja Anari langsung keterima di salah satu media cetak ternama di Indonesia yaitu Kompas Gramedia (KG). Pertama kali Anari bergabung dengan Kelompok Penerbitan Kompas Gramedia dan selanjutnya bergabung dengan Tabloid Olahraga Bola sebagai HR Staff.

Prestasi demi prestasi diraih oleh Anarii yang membuat ia dipromosikan menjadi HR & GA Manager di Tabloid Olahraga Bola. Pada tahun 2012 Anari dipindahkan ke Corporate HR Kompas Gramedia menjabat sebagai Talent Management Manager. Ketika CareerBuilder Indonesia menanyakan kepada beliau “bosen ga sih kerja  selama bertahun-tahun di sebuah perusahaan?” . Anari menjawab “Bosen itu manusiawi, tapi mungkin pertanyaannya yang lebih pas itu apa yang membuat saya bertahan di Kompas Gramedia sampai saat ini?”. Beliau pun melanjutkan jawabannya “So far apa yang saya butuhkan, terutama kebutuhan untuk pengembangan diri dan bekerja sesuai passion, Kompas Gramedia masih memberikan itu semua, mengenai rasa bosan hal itu bisa saya atasi terlebih lagi saya adalah orang yang suka belajar dan setiap hari permasalahan dalam pekerjaan itu selalu baru”.

CareerBuilder Indonesia sangat kagum kepada sosok Anari, karena karyawan yang loyal terhadap perusahaan bertahun-tahun lamanya itu sekarang sulit dicari. Mungkin perkembangan jaman juga mempengaruhi loyalitas sesorang dalam bekerja karena banyak karyawan yang hanya bertahan satu tahun di sebuah perusahaan lalu pindah ke perusahaan lain. Hal ini fenomena yang sering ditemui di pertengahan tahun 2000.

Ketika CareerBuilder Indonesia bertanya kepada Anari, di posisi saat ini di Kompas Gramedia sekarang apakah Anari menganggap dirinya sudah mencapai titik kesuksesan? Anari mengatakan “tergantung ukuran suksesnya, tapi saya punya ukuran sukses menurut diri saya dan saya menganggap diri saya cukup sukses, tapi tidak dilihat semata-mata dari materi atau posisi yang saya dapat tetapi dari sisi yang lain, seperti  saya dapat mengerjakan dan mengembangkan hal-hal baru yang bermanfaat bagi perusahaan, seperti saat saya diminta untuk mengambangkan  Assessment Center Kompas Gramedia”.

CareerBuilder Indonesia juga sempat menanyakan kepada beliau , bagaimana tips dan trik jika kamu ingin lolos interview di Kompas Gramedia. Anari menyampaikan kepada CareerBuilder jika  seseorang ingin memenangkan first impression di interview pertama, dress well,  berpakaianlah senyaman mungkin dan cari tahu culture perusahaan tersebut sehingga bisa menyesuaikan diri harus berpakaian seperti apa. Selain itu kamu harus benar-benar kenali dirimu dan kenali kelemahan dan kelebihanmu. Kalau kamu punya pengalaman di luar pendidikan formal yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar itu merupakan nilai plus untuk kamu untuk lolos ke interview kedua.

Jika kita rangkum dari apa yang Anari sampaikan kepada kita semua, ada beberapa point yaitu kesuksesan seseorang bisa dinilai dari berbagai sisi bukan hanya dari segi materi dan posisi jabatan dan loyalitas karyawan sudah mulai jarang ditemui dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. Mungkin bagi kamu yang baru bekerja selama 2-3 tahun bisa belajar dari Anari bagaimana caranya kita bisa mencintai profesi, memiliki engagement terhadap perusahaan, dan tumbuh berkembang bersama perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s