Nova Adriana – 9 Bulan Bekerja Langsung Jadi Manager

Wanita karir yang bernama Nova Adriana ini, menyelesaikan pendidikan di Universitas Kristen Krida Wacana  mengambil jurusan Psikologi. Lulus tahun 2007 Nova langsung bekerja di sebuah perusahaan konsultan rekruitmen di bilangan Jakarta sebagai staff HR. Bisa dibilang Nova kecebur di dunia HR karena background pendidikannya sebagai psikologi. Ketika ia memasuki dunia HR, Nova tidak menyangka bahwa lulusan psikologi yang  seperti kata orang-orang akan menjadi psikologi ternyata sekarang menjadi seorang HRD.

Perjalanan karir dari tahun 2008 hingga sekarang seorang Nova memulai karirnya dari level staff hingga sekarang menjadi Senior Rekrutmen di sebuah perusahaan retail di Indonesia. Wanita yang pernah menjadi barista di coffee shop ternama sukses mendulang karirnya karena pernah  menjadi Recruitment manager di sebuah perusahaan outourcing. Bagaimana jejak karir dari seorang Nova? Awal lulus kuliah ia melamar disebuah perusahaan konsultan rekrutmen sebagai rekrutmen staff dan ia mencari pekerjaan tersebut melalui salah satu job portal di Indonesia. Melalui beberapa proses yang cukup lama akhirnya Nova mendapatkan pekerjaan tersebut. Sebuah achievement bagi Nova 9 bulan ia bekerja di perusahaan konsultan rekrutmen ia langsung di angkat dari staff menjadi Manager. Hal ini berkat kegigihan dari Nova selama ia bekerja. 2 Tahun sudah ia menjalani pekerjaannya tak lama kemudian Nova merencanakan pindah kerja karena ia menginginkan sebuah challenge yang lebih lagi dari saat ini.

Walau ia di level manager, ia pun masih mencari pekerjaan via online dan tidak lama dari ia melamar langsung mendapat panggilan kerja kembali. Mungkin ini dikarenakan CV Nova menarik, setiap ia bekerja di sebuah kantor Nova mendapat tugas untuk membuat sebuah sistem perekrutan yang akurat dan selama ini sistem yang ia buat selalu berhasil. Salah satu achievement yang menjadi kebanggaan seorang Nova Adriana bisa membuat sistem rekrutmen yang berhasil diterapkan di setiap perusahaan dimana ia bekerja.

Saat ini Nova Adriana bekerja di sebuah perusahaan retail yang memegang merk besar dunia, walaupun awal Nova melamar di perusahaan tersebut ia melamar menjadi manager tetapi ia ditawarkan menjadi senior rekrutmen. Ia tidak bersedih hati karena ia menyadari bahwa lingkup perusahaan retail ini lebih besar dibandingkan perusahaan dia sebelumnya jadi jika ia ditawarkan posisi senior rekrutmen ia tidak merasa kecewa.

Wanita berdarah medan yang besar di Jakarta ini sudah sering sekali menanyakan kepada calon pelamar “Apa rencana kamu beberapa tahun kedepan”? Sekarang dibalik bagaimana tanggapan Nova jika di tanya apa rencana beliau beberapa tahun kedepan?. Awalnya sempat ia bingung , “hmmm.. apa ya” Nova menjawab dengan santai. Lalu Ia lanjut berbicara dan mengatakan “Setelah saya bekerja di perusahaan retail ini, ada hal yang harus dibenahi yaitu bagaimana cara menggabungkan divisi rekrutmen dengan training dan apabila kedua hal tersebut digabungkan maka akan menghasil karyawan yang berkualitas.” Nova sangat menyangkan dua divisi tersebut harus terpisah, salah satu target beliau dalam waktu dekat ini yaitu bagaimana cara kedua divisi dilebur menjadi satu. Karena menurut beliau hal itu akan menghasilkan karyawan – karyawan yang berkualitas.

Careerbuilder Indonesia mengkorek sedikit informasi untuk kamu pembaca Sinar Harapan, bagaimana sih caranya masuk ke dunia retail dan lolos pada interview pertama? Nova mengatakan, hal pertama yang harus di perhatikan ketika kamu interview itu adalah dreswell karena tidak dipungkiri karena kesan pertama bahkan 15 detik pertama ketika kamu masuk ke ruang interview bisa menentukan kamu lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Dan hal terakhir yang dinilai oleh rekutmen adalah attitude / perilaku. Hal kecil seperti kamu menaruh handphone di atas meja ketika interview atau bau rokok harus di perhatikan jangan kamu pernah melakukan hal tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s