Questions You Should Never Ask in a Job Interview

Questions You Should Never Ask in a Job Interview

Kamu mendapatkan panggilan interview di perusahaan yang kamu inginkan semenjak masih di bangku kuliah. Setelah lulus kamu melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut lalu tiba-tiba dipanggil pastinya kamu mempersiapkan semuanya dengan sempurna.

Menyiapkan pakaian terbaik untuk interview, mempelajari pertanyaan-pertanyaan interview lalu mempersiapkan jawaban-jawaban tersebut. Latihan interview dengan teman untuk melatih kepercayaan diri ketika sedang diinterview. Tetapi jangan lupa satu hal yang harus kamu pelajari juga dalam proses wawancara. Diakhir interview biasanya HR atau User sering menanyakan “apakah kamu ingin bertanya / apakah kamu punya pertanyaan untuk kami pihak perusahaan?” . CareerBuilder Indonesia mengingatkan kamu agar tidak melontarkan pertanyaan ini ke HR / User yang mewawancarai kamu, seperti apakah pertanyaan tersebut berikut adalah penjelasannya

  • Apa bidang usaha perusahaan ini?

Pengetahuan kamu mengenai perusahaan yang kamu lamar merupakan penilaian penting setiap calon karyawan yang di interview. Salah satu pertanyaan yang bisa membuat HR / User yang membuat mereka drop, bagaimana kamu bisa melamar perusahaan ini tanpa kamu tahu perusahaan itu bergerak dibidang apa. Bisa saja kamu lupa karena terlalu gugup alhasil pertanyaan tersebut yang terucap. Jangan sampai kamu bertanya mengenai pertanyaan tersebut ke HR / User karena otomatis kamu akan dinilai minus besar.

  • Berapa salary rata-rata untuk posisi ini?

Jangan pernah mulai bertanya pertanyaan mengenai salary pada interview pertama, hal ini menandakan bahwa kamu hanya bekerja berdasarkan keuntungan atau gajinya. Well tidak dapat dipungkiri kita bekerja karena uang, tetapi alangkah baiknya hal tersebut jangan sampai orang lain tahu apalagi HR / User. Jika kamu lolos dari interview pertama otomatis kamu akan mengetahui gaji yang akan kamu terima tanpa harus ditanyakan.

  • Kapan saya mendapatkan cuti jika saya bekerja disini?

Baru tahap interview pertama bukan berarti kamu akan diterima diperusahaan tersebut. Dan tiba-tiba kamu menanyakan bagaimana sistem cuti atau berapa hari yang saya dapatkan untuk cuti? Bertanya mengenai cuti sebelum kamu mendapatkan kerja hanya dapat membuat diri kamu terlihat tidak berkomitmen penuh terhadap perusahaan.

  • Berapa jam saya bekerja dalam satu minggu? Apakah ada lembur?

Lembur? Semua orang tidak menyukai yang namanya lembur, tetapi hal ini juga sebaiknya jangan ditanyakan. Perusahaan menginginkan karyawan yang memiliki waktu yang lebih untuk perusahaan dan membutuhkan karyawan yang loyal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s