Freelancer itu Harus Disiplin – Oddie Frente

Apa yang kamu rasakan jika kamu akan menulis profil seorang penulis hebat seperti Oddie Frente? Ketika CareeBuilder Indonesia akan mewawancari Oddie ada sebuah kekhawatiran akan hasil tulisan mengenai beliau, agak sedikit minder gitu maksudnya hehe.

Careerbuilder Indonesia ingin tahu bagaimana ia bisa menjadi seorang penulis. Oddie menceritakan sedikit mengenai dirinya, ia adalah lulusan manajemen di sebuah universitas negeri di Bandung. Ketika SD disaat yang lain lebih berprestasi di bidang seni dan olahraga tetapi Oddie ia lebih suka bermain kata-kata dalam tulisan. Kegemaran menulisnya membuahkan hasil yang membanggakan, Ia memenangkan beberapa penghargaan ketika mengikuti lomba menulis cerita pendek dan puisi semasa ia sekolah. Tetapi akhirnya kegemaran menulis itu lama kelamaan tidak tersentuh saat ia mulai kuliah. Sebagai lulusan ekonomi, ia tidak berfikir untuk menjadi penulis pada saat lulus tetapi pada saat itu ia melamar sebagai seorang banking di salah satu Bank BUMN. Beberapa tahun ia menjalani pekerjaannya mulai dari mulai Front Office, Back Office  sampai ia mencapai posisi tertinggi di suatu bank, dan ini merupakan sebuah achievement seorang Oddie Frente.

Hasrat menulisnya pun mulai muncul ketika Oddie harus keliling Indonesia untuk melakukan training ke pegawai-pegawai yang ada di cabang seluruh Indonesia. “Ternyata saat saya keliling cabang itu kan kita  traveling dan bertemu dengan hal baru, gairah menulis itu muncul lagi lalu mulailah saya tulis perjalanan dinas ke cabang-cabang lalu masuklah tulisan tersebut ke media blog” ujar Oddie. Saat ia mulai kembali menulis, social media menjadi sebuah trend saat itu. Oddie akhirnya bisa menemukan penulis senior seperti Clara Ng, Agus Nur, Eka Kurniawan bahkan sampai ia menemukan komunitas penulis yang akhirnya ia berkecimpung di dalamnya yaitu @fiksimini dan sampai saat ini ia menjalankan komunitas tersebut. Problem bagi seorang penulis ketik tulisan dia tidak ada yang baca, tidak menemukan komunitas penulis dan hal ini bisa membuat sang penulis kehilangan hasratnya untuk menulis. Jadi terbentuknya komunitas @fiksimini ini membantu para penulis untuk  mengembangkan, menginfluence dan mengajak orang untuk kembali menulis. Pada tahun 2012 Oddie memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus pada dunia menulis. Sebelum memutuskan untuk menjadi freelance Oddie sudah punya marketing plan untuk dirinya sendiri selama satu tahun. Ketika ia sudah merencakan apa yang harus ia lakukan selama satu tahun, ia baru berani untuk mematahkan karir di dunia perbankan.

Menurut Oddie Frente sebagai freelancer itu harus memiliki sikap disiplin karena freelancer harus bisa mengatur flow keuangan dan pekerjaan untuk dirinya sendiri. Oddie merupakan orang yang sangat disiplin akan waktu, bahkan ia memiliki waktu atau jam untuk makan buah setiap hari. Kebiasaan yang unik namun hal tersebut membuat dia menghargai waktu. Oddie memiliki target dalam satu tahun kedepan yaitu ia harus menghasilkan 15 buku entah itu bergabung dengan temannya atau ia mengerjakan sendiri buku tersebut san sampai saat ini ia sudah menerbitkan kurang lebih 8 buku.

Kini menulis adalah salah satu mata pencaharian Oddie, dari tulisan-tulisan itulah ia bisa bertemu dengan orang banyak dan dengan tulisan juga ia bisa membantu, mengajar dan mengajak orang yang tadinya hanya iseng menulis untuk lebih menekuni dunia menulis. Kesenangan tersendiri bagi Oddie jika orang yang diajak dan yang diajarkan olehnya menghasilkan sebuah karya yang disukai orang banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s