Trend Baru Interview Pekerjaan

Seperti fashion, dunia pekerjaan juga mengalami perubahaan bahkan sampaii cara interview juga berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dilansir dari CareerBuilder USA mereka mengatakan ada beberapa cara baru menginterview pekerja di tahun 2014 ini.

Group Interview

Biasanya ketika kita interview kita dihadapkan oleh 1 orang HRD, tetapi saat ini mulai orang-orang mulai diinterview secara group. Apa maksudnya secara group? Jadi si pelamar akan diinterview oleh 2-3 orang sekaligus yang memiliki peran yang berbeda. Biasanya kalau group interview itu terdiri dari HRD dan User, jika kamu beruntung maka kamu juga bisa langsung di wawancara oleh Direktur langsung pada saat group interview.  Apa yang harus kamu lakukan? Tetap tenang dan fokus, pastikan anda melakukan eye contact dan berbicara yang tegas jangan sampai anda  menjawab pertanyaan dengan ragu.

Video Interviewing

Tidak mungkin laptop dengan webcam diciptakan tidak manfaatnya, seharusnya kamu sudah mendapatkan clue tren apa yang akan muncul. Kecanggihan teknologi dan telekomunikasi sekarang memudahkan perusahaan untuk mencari karyawan yang sesuai dengan kriterianya. Kandidat tersebut tidak usah datang ke perusahaan tersebut untuk interview karena sekarang sudah mulai menggunakan sistem interview melalui video. Hal ini terjadi biasanya kepada kandidat yang ada di luar kota atau memiliki kepadatan jadwal yang sangat sibuk. Walaupun kamu tidak bertemu dengan pewawancara langsung kamu harus tetap berpakaian rapih dan jangan lupa untuk berlatih interview sebelum hari H.

Pertanyaan Aneh

Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan aneh yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Seperti apa lagu atau genre musik kesukaan kamu? atau kamu suka liburan ke pantai atau ke gunung? Atau pertanyaan lainnya, karena menurut HR dari pertanyaan tersebut bisa juga menggambarkan pribadi dari kandidat dan juga bisa menjadi penilaian dari sisi bagaimana kamu menghandel pertanyaan dengan cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s