BEWARE PENIPUAN LOWKER!

Penipuan lowongan KerjaSeperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki jumlah pengangguran yang besar dan juga memiliki jumlah lowongan kerja yang banyak pula. Fenomena ini terjadi karena banyak pengangguran yang tidak memenuhi persyaratan atau kualifikasi dari lowongan tersebut. Banyak gosip berkembang mengatakan karena jumlah pengangguran banyak dan kualifikasi dari perusahaan yang cukup tinggi membuat para pencari kerja sulit mencari pekerjaan.

Kesempatan ini banyak digunakan oleh oknum-oknum yang menjebak para pencari kerja yang sudah putus asa dalam mencari kerja. Biasanya oknum tersebut menggunakan perusahaan besar bahkan sampai perusahaan BUMN untuk mengelabuhi korbannya. Kemarin baru saja kejadian ada seseorang teman dari salah satu kawan tim CareerBuilder Indonesia hampir terkena penipuan lowongan kerja. Ia melamar di sebuah perusahaan BUMN yang ia lihat di salah satu media lalu tanpa berfikir panjang ia langsung melamar dengan alasan kapan lagi perusahaan BUMN membuka lowongan yang pas dengan jurusannya. Langsung saja ia melamar lalu tiba-tiba ia mendapatkan email untuk mengisi formulir dan beberapa pertanyaan yang harus di jawab lalu dikirimkan kembali ke mereka. Pada sampai step tersebut si korban belum menyadari email yang oknum pakai adalah email yang domainnya bukan nama perusahaan BUMN tersebut. Lalu korban baru menyadari ketika ia diharuskan interview di luar daerah dengan membayar akomodasinya sendiri dan harus mentransfer uang akomodasi tersebut ke rekening yang diberikan di dalam body email dari si oknum. Kecurigaaan ini semakin besar ketika korban menghubungi nomor yang tertera di kop surat danternyata telefonnya tidak diangkat, langsung saja dia menelpon ke gedung dimana alamat kantor tersebut tertulis di kop surat. Ternyata benar kecurigaan terhadap perusahaan abal-abal yang mengaku perusahaan BUMN tersebut. Alamatnya memang benar tetapi menurut pengelola gedung tidak ada nama perusahaan BUMN tersebut yang menyewa kantor di gedung tersebut.

Modus dengan cara ini merupakan salah satu oknum tidak bertanggung jawab mencari keuntungan dari para jobseeker yang sudah putus asa dan ingin bekerja di perusahaan bergengsi. CareerBuilder Indonesia menyarankan agar selalu cek history dari perusahaan manapun di internet dan forum-forum ternama. Jika perusahaan tersebut memiliki bad record pasti akan terlacak oleh forum atau internet. Waspada dalam mencari lowongan kerja, dan jika kamu mau mencari lowongan kerja yang aman dari penipuan silahkan kamu cari di http://careerbuilder.co.id yang merupakan salah satu job portal terbaik di Indonesia yang menyediakan info lowongan kerja terlengkap untuk para jobseeker yang ada di Indonesia.

One thought on “BEWARE PENIPUAN LOWKER!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s