HRD Harus Memiliki Beberapa Skill Dasar

Workshared 2Menjadi HRD tidak semudah yang dipikirkan, bukan hanya mengurus absen setiap karyawannya atau mengitung gaji setiap bulannya. Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang HRD dan harus selalu di update setiap saat demi menjalankan peran dan fungsi bagi bisnis dalam mengelola karyawan.

Beberapa keahlian atau skill yang harus HRD miliki yaitu :

  1. Organization

Human Resources Departemen adalah sebuah profesi yang berhubungan dengan data, dalam hal ini seorang HRD harus memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengorganisir data dan waktu yang baik. HRD akan berurusan dengan kelangsungan hidup dan karier banyak orang maka seorang HRD harus memiliki keahlian mengorganisir orang-orang dalam sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

  1. Multitasking

Semua pekerjaan jaman  sekarang diwajibkan harus memiliki keahlian multitasking, tetap untuk seorang HRD itu hukumnya wajib. Kenapa? Karena seorang HRD banyak mengurusi banyak hal seperti karyawan yang berkeluh kesah, pengajuan cuti, membuat surat peringatan kepada karyawan, konflik internal di dalam kantor dan hal itu bisa terjadi di waktu yang sama. Maka dari itu keahlian multitasking sangat diperlukan untuk posisi HRD.

  1. Dual Focus

HRD adalah seorang penengah antara manajemen perusahan dan karyawan karena ada saatnya kamu harus mengambil sebuah keputusan untuk melindungi sang karyawan di lain sisi kamu juga dihadapkan untuk melindungi organisasi, budaya dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Kamu bisa juga dicap sebagai muka dua tetapi cara untuk mengatasinya adalah dengan komunikasi.

  1. Keadilan

Komunikasi yang jelas, saluran yang tersedia, adanya kesempatan bagi semua orang untuk mengemukakan pendapatnya, aturan yang ditegakkan dengan konsiten, mengembangkan sikap saling menghargai. Itulah hal-hal yang harus dijaga untuk menciptakan suasana keterbukaan di kantor.

  1. Team Orientation

Seorang HRD harus memiliki sikap pengertian dan mamahami sebuah tim dalam perusahaannya. Dan melakukan upaya untuk menjaga semangat kebersamaan untuk membuat tim bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s