SENYUM MEMPERMUDAH JALANMU

SMILEJantung berdebar kencang ketika kita sedang menunggu dipanggil interview, dan tidak semua orang akan menghadapi interview dengan baik apalagi para fresh graduate. Semua orang mencari jalan keluar untuk tidak grogi ketika ingin wawancara. Ada salah satu cara ampuh untuk memenangkan first impression di depan HRD yaitu tersenyum. Senyum dapat menghilangkan grogi atau deg ā€“ degan ketika kita akan interview. Senyum juga bisa memupuk rasa kepercayaan diri kamu. Untuk memudahkan kamu dalam proses wawancara, berikut ini adalah kiat-kiatnya menurut Female First :

Positive

Tetap memiliki pikiran yang positif akan menjauhkan kita dari segala pikiran negatif yang membuat kita tidak akan menjadi berkembang. Sebelum kamu melakukan interview bayangkanlah kamu mendapatkan pekerjaan tersebut, dengan melakukan hal ini akan meningkatkan percaya diri kamu saat proses interview berlangsung.

Harus mempunya tujuan yang kamu inginkan.

Setiap manusia pasti memiliki tujuan hidup, mungkin bagi kamu yang baru lulus masih belum kebayang mau seperti apa kamu di masa yang akan datang. Tetapi HRD yang akan mewawancarai kamu pasti akan menanyakan hal tersebut. Jadi jika kamu belum memiliki bayangan apa yang kamu inginkan di beberapa tahun kedepan buatlah dari sekarang.

Practice

Bagi para fresh graduate, interview adalah sebuah pengalaman yang baru mereka rasakan. Ada baiknya jika kamu berlatih sebelum berhadapan langsung dengan HRD, kamu bisa bertanya kepada saudara, kakak atau orangtua yang lebih berpengalaman bagaimana saat interview berlangsung. Berlatih di depan kaca juga membuat kita menjadi lebih percaya diri saat interview berlangsung dan jangan terlihat panik saat interview.

Smile

Semua sudah berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk menjaga perilaku saat wawancara karena hal tersebut juga menjadi penilaian awal ketika ia melihat kamu dalam menjawab pertanyaan. Seperti yang dikutip dalam Female First, penilaian saat interview kerja juga meliputi postur tubuh, intonasi suara dan gaya bicara. Usahakan selalu berjalan dengan punggung tegak, berjabat tangan dengan penuh yakin lalu jangan lupa untuk tersenyum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s