Your Resume Failed

Failed ResumeTahukah kamu dalam sebuah perusahaan, divisi HRD (Human Resources Departemen) menerima ratusan CV / Resume setiap minggunya. Tapi dari ratusan CV / Resume tersebut banyak yang tidak masuk kualifikasi dari HRD. Mengapa? Setiap HRD walaupun sudah ada penilaian standar tetapi mereka juga memiliki kriteria pribadi untuk memanggil calon karyawan untuk di interview. Mungkin kamu pernah mengirim CV / Resume tetapi tidak dipanggil oleh HRD perusahaan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang membuat HRD tidak menilai CV kamu :

Tidak bekerja selama lebih dari 6 bulan

Kamu menuliskan pengalaman kerja terakhir itu 6 bulan yang lalu, maka HRD akan menilai kamu tidak qualified. Mereka akan berfikir bahwa perusahaan lain menolak lamaran kamu sebelumnya sehingga kamu menganggur lebih dari 6 bulan. Sebaiknya jika kamu belum mendapatkan panggilan kerja kamu cari pekerjaan paruh waktu (part time) di coffee shop untuk menaikan nilai CV kamu.

Salah font dan kuran terlalu kecil

CV yang ringkas dan padat itu memang baik, tetapi jika CV kamu hanya satu halaman dan memakai font  yang terlalu kecil juga tidak baik. Buatlah CV dengan menggunakan font  yang resmi dan ukuran yang normal, contohnya font Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 dan dua halaman juga sudah cukup.

Halaman CV terlalu banyak

Idealnya CV yang baik menurut HRD itu sebanyak dua halaman. Nah bagaimana jika ada CV yang sampai tiga atau empat halaman? Logikanya seorang HRD yang memiliki kesibukan pasti akan tidak akan sempat membaca CV sebanyak empat halaman. Kamu bisa lihat contoh – contoh CV yang ada dan kamu silahkan tulis ulang dengan isi sesuai dengan pengalaman kamu dan jangan lupa tidak boleh benar – benar menjiplak seperti CV temen kamu.

Tidak ada networking

Kamu berpengalaman di sebuah perusahaan multinasional selama bertahun-tahun belum tentu kamu akan dilihat jika kamu tidak memiliki kenalan di dalam perusahaan yang kamu lamar. Apabila kamu memiliki koneksi atau teman di dalam perusahaan yang akan kamu lamar jangan sungkan untuk mencatumkan nama dari teman kamu agar ia bisa merekomendasikan kamu di perusahaan tersebut.

Gunakanlah email formal

Banyak sekali para fresh graduate yang masih menggunakan alamat email yang tidak formal, contohnya santygirl@yahoo.com atau andiboy@gmail.com. Percaya atau tidak HRD otomatis tidak akan membuka email dari kamu dan itu sudah terjadi di semua perusahaan karena kamu diangagap tidak profesional.

Terlalu berwarna

Jika kamu beranggapan CV harus berbeda itu memang benar tetapi janganlah kamu membuat CV kamu berwarna – warni. Pakailah warna hitam sebagaimana biasanya atau warna gelap lainnya untuk membedakan judul dengan penjelasannya dan cukup dengan dua warna gelap yang berbeda.

Surat Lamaran / Cover Letter

Biasanya CV dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran atau cover letter dan itu merupakan prosedur standar ketika kamu melamar kerja. Tetapi kenyataannya HRD tidak terlalu memperhatikan dan tidak membaca surat lamaran tersebut. Jadi lebih difokuskan ke CV kamu daripada kamu memikir kata – kata pada surat lamaran.

One thought on “Your Resume Failed

  1. Apakah sama hal nya dengan perusahaan recruitment yang harus menyeleksi pengalaman NAKER yang akan di hire untuk client nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s