FILOSOFI BEKERJA

Folosofi Kerja

Kamu pasti sering melihat dan mendengar pepatah atau quotes yang sering diucapkan oleh teman, social media bahkan sampai motivator. Jangan biarkan kata-kata tersebut masuk kuping kanan keluar kuping kiri tetapi resapi dengan baik dan jadikan panduan kamu dalam berkarir.

Ferry Atmadi seorang konsultan karir menjabarkan sepuluh wisdoms yang berasal dari seorang cendikiawan Timur yang relevan diaplikasikan dalam membangun fondasi kesuksesan karir kamu.

Pilih pekerjaan yang kamu tidak perlu bekerja dalam hidup kamu.

Pekerjaan memaksa kita untuk menghabiskan banyak waktu di kantor ketimbang di rumah. Dalam bekerja biasanya kita mengikuti passion jadi kita bekerja sesuai dengan keinginan diri kita. Tetapi adanya juga yang bekerja karena paksaaan dari keluarga atau lain hal. Sebaiknya jika  kamu diposisi seperti itu kamu renungkan apa yang bisa kamu ambil hikmah atau jalan keluarnya. Jika kamu bekerja berdasarkan tekanan pasti stres pun akan selalu menghantui berbeda dengan bekerja sesuai dengan passion kamu akan lebih semangat dan merasa ringan dalam mengerjakan tugas-tugas kamu sehingga kamu bisa lebih maksimal dalam bekerja.

Bekerja itu simbol dari Cinta, Jika kamu tidak dapat bekerja dengan cinta lebih baik tinggalkan pekerjaan kamu.

Cintailah pekerjaan kamu dengan cara mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan dengan sepenuh hati. Ferry juga mengatakan “Jika kamu melakukan sesuatu dengan menggerutu dan penuh kebencian, kamu akan sulit berkonsentrasi dan kamu mungkin akan melakukan banyak kesalahan.” Sebaliknya jika kamu mengerjakan sesuatu dengan hati dan cinta, kamu akan lebih bersemangat untuk mengerjakan sebaik mungkin dan hasilnya akan lebih optimal.

Tahu apa yang dikerjakan dan Tidak hitung-hitungan waktu dalam bekerja.

Ferry mengatakan dengan memahami pekerjaan kamu, kamu bisa tahu kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan itu. Menurut Ferry, dengan memahami pekerjaan kamu, kamu bisa tahu kompetensi-kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan itu. Untuk bisa memenuhi kompetensi itu, kamu perlu mengetahui SWOT (strengths-kekuatan, weaknesses-kelemahan, opportunities-kesempatan, dan threats-ancaman/rival) kamu dengan baik, sehingga punya target yang jelas dalam meningkatkan kapabilitas kamu. Tingkatkan kemampuan diri dengan mengikuti berbagai kursus, pelatihan, atau seminar yang bisa menunjang pekerjaan dan karier kamu. Peningkatan mutu diri bisa mendukung totalitas kamu dalam bekerja dan menggapai kesuksesan karier.

Dalam bekerja kamu terus – menerus mengembangkan kompetensi, kamu juga harus memiliki mental tidak mudah menyerah apabila kamu menghadapi rintangan bahkan sampai kegagalan. Monas tidak dibangun dalam sehari, begitu juga karir mu. Akan ada rintangan, naik turunnya jadi dibutuhkan kesabaran, konsistensi dan tahan uji dalam menghadapi tantangan baik secara fisik maupun psikis. Jangan ragu menerima tantangan untuk menyelesaikan satu tugas berat. Lebih baik segera kerahkan segenap kemampuan kamu untuk mulai mengerjakannya agar tidak melewati tenggat penyelesaian tugas tersebut. Apabila di tengah jalan kamu menemui kesulitan, Anda bisa bertanya kepada rekan senior atau atasan kamu untuk memperoleh bimbingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s