Persiapan Sebelum Menghadapi Tes Masuk Bank

BankBekerja di bank merupakan salah satu impian dari sebagian besar masyarakat Indonesia, kenapa? Karena bekerja di bank dianggap ekslusif sebab gaji yang terbilang cukup tinggi untuk standar gaji yang berlaku di Indonesia. Perekrutan pegawai bank juga cukup selektif dan agak sulit apalagi untuk program  Officer Development Program (ODP). Alasan setiap bank harus selektif dalam mencari karyawannya karena bank adalah bank berpikir karyawan adalah aset yang paling penting dalam perusahaan. Dengan aset milyar-an hingga trilyun-an rupiah akan tidak berarti tanpa karyawan yang berkualitas dan jujur. Maka dari itu setiap bank dalam memproses pemilihan karyawan harus yang memiliki kompatibel dan dedikasi yang tinggi. Ada beberapa cara untuk kamu Sahabat CB yang ingin menjadi pegawai bank, berikut tipsnya :

Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes mendasar mengenai penguasaan matematika, verbal maupun logika dilakukan oleh setiap bank untuk mengetahui sebagaimana besar calon karyawan menguasainya. Banyak bank menggunakan tes model seperti ini, caranya untuk lolos dari tes TPA yaitu kamu harus banyak berlatih dengan membaca buku-buku TPA yang banyak dijual di toko-toko buku. Gunakanlah pulpen atau pensil biasa dalam tes penjumlahan urutan angka secara menurun dan satu hal lagi kecepatan dan ketepatan adalah kunci keberhasilan tes ini.

Tes Of English As A Foreign Language (TOEFL)

TOEFL adalah tes dasar dimana kita sebagai calon karyawan di tes kemampuan Bahasa Inggrisnya. Tes ini terdiri dari listening, structure dan reading. Minimal point yang harus kamu miliki 500 untuk lolos dari tes TOEFL. Belajarlah dan pahamilah contoh-contoh soalnya karena ini juga menentukan kamu diterima atau tidaknya.

Tes Diskusi / Focus Group Discussion

Tes ini digunakan untuk mengetahui bagaimana seorang karyawan memahami masalah dengan cepat, kepemimpianan, teamwork dan sportifitas dan biasanya tes ini dalam berbentuk grup. Bank Mandiri, Bank BCA, Bank Niaga dan Bank Danamon biasanya menggunakan tes ini dalam tahap penyeleksian calon karyawan. Kamu tidak perlu mendominasi pembicaraan dalam diskusi atau ingin memenangkan perdebatan dengan lawan kami tetapi yang kamu lakukan adalah berikan kontribusi positif ketika diskusi berlangsung dengan memberikan pendapat yang menarik atau menjadi moderator diskusi dan mengutarakannya dengan santun dan tenang.

 Tes Kesehatan

Setiap perusahaan menginginkan calon karyawannya adalah pribadi yang sehat jasmani dan rohani. Maka dari itu tes kesehatan selalu menjadi prioritas dalam tes masuk bank yang terdiri dari tes darah, tes tekanan daran, tes buta warna dan tes urine. Semua Bank menggunakan tes model ini untuk mengetahui apakah calon karyawannya ada yang menggunakan narkoba atau mempunyai penyakit berat. Bagaimana caranya agar tes kesehatan kamu mendapatkan hasil yang baik? Persiapkan fisik kamu mulai dari seminggu sebelumnnya, bisa melalui olahraga, jauhi makan berkolesterol dan cukup istirahat, kalau kamu yang merokok ada baiknya kamu mengurangi untuk sementara waktu.

Tes Psikologi

Untuk mengetahui pribadi dari seorang calon karyawan tes psikologi adalah merupakan alat ukur yang tepat. Tes ini tidak adala istilah benar atau salah yang ada hanyalan kesesuaian  terhadap posisi yang ditawarkan. Seorang calon karyawan dengan tingkat kreatifitas yang tinggi atau suka tantangan justru kalah bersaing dalam seleksi masuk Bank dibandung dengan calon karyawan yang berkreatifitas tinggi namun berintegritas tinggi (jujur). Karena secara umum Bank lebih memilih karyawan yang jujur, disiplin, cerdas, kreatifitas sedang namun luwes. Dalam mengerjakan tes psikologi ini kamu harus jujur terhadap diri sendiri sehingga kelak kalau kamu diterima kamu akan nyaman bekerja sebagaoi pegawai bank.

Tes Wawancara

Tes tahap akhir biasanya dilakukan dengan wawancara, dalam wawancara calon karyawan akan lebi terlihat personalianya dibanding dengan tes lainnya. Biasanya calon karyawan dinilai dari bagaimana cara ia menjawab pertanyaan dari HRD dan bagaimana sikapnya juga. Berpaikaianlah yang sopan, rapi, wangi namun jangan berlebihan dan menjawab pertanyaan dengan santun, padat dan berisi. Jangan lupa persiapkan jawaban dalam Bahasa Inggris minimal ketika kamu perkenalkan diri kamu.

Persiapkan diri kamu ketika ingin menghadapi tes masuk kerja, minimal kamu harus tidur minimal 8 jam agar pagi hari kamu lebih segar ketika bangun. Sarapan terlebih dahulu jika kamu akan melakukan tes pagi hari biar konsentrasi kamu tidak terganggu dengan perut keroncongan. Selamat mencoba semoga kamu lolos dalam tes masuk. Good Luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s