ERA DIGITAL BUTUH BANYAK TENAGA KERJA IT

ITMenurut kalian, apakah pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, software engineer  bisa dikategorikan sebagai sebuah profesi? Jawabannya tentu bisa karena beberapa yang berhubungan dengan aktifitas engineering (analisa, rekayasa, spesifikasi, implementasi dan validasi) untuk menghasilkan produk berupa perangkat linak yang digunakan untuk memecahkan masalah diberbagai bidang. Memasuki dunia digital profesi Informasi Teknologi mengalami peningkatan dalam kebutuhan tenaga kerjanya. Karena tingkat penggunaan komputer, sistem dan internet dalam sebuah perusahaan adalah yang utama. Sehingga banyak perusahaan yang memerlukan tenaga Informasi Teknologi. Melihat fenomena seperti itu banyak para pelajar yang baru lulus SMA mengambil jurusan IT karena mereka melihat banyak peluang besar untuk berkarir di masa depan. Perlu kamu ketahui para Fresh Graduate ada beberapa bidang pekerjaan dalam IT yang harus kamu pelajari seperti :

  1. Programmer

Profesi ini memiliki pekerjaan untuk membuat sebuah aplikasi untuk user / client baik untuk perusahaan, instansi atau perorangan. Seorang programmer harus menguasai logika dan arogaritma pemograman, menguasai bahasa pemograman seperti HTML, CSS, Java Script, Ajax, PHP dan lain-lain.

  1. Network Engineer

Biasanya bertugas dalam bidang teknis jaringan komputer dari pemeliharaan hingga apabila terjadi troubleshooting. Network Engineer harus bisa membuat jaringan untuk sebuah perusahaan atau instansi, mengatur email, anti-spam, virus protection, mengatur user account, password dan mengawasi penggunaan sistem.

  1. System Analyst

adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.

  1. IT Support

merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.

  1. Software Engineering

adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Seroang Software Engineering juga harus pandai merancang dan menerapkan metode terbaik dalam pengembangan software.

  1. Database Administrator

Database Administrator adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki database.

  1. Web Administrator, Developer, Design

Profesi adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website dan juga memberi saran sebagai konsultan pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah ditentukan. Untuk Web Designer mereka harus memilii keahlian dalam membuat design atratif dan menarik perhatian pengujung situs ketika mereka membuka situs tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s