THR Cukup, Hari Raya Tersenyum Lebar!

THRLebaran atau Hari Raya masih beberapa minggu lagi tetapi alangkah baiknya jika sedari sekarang kita sudah merencakan keuangan dengan baik. Sehingga THR yang datang tidak terbelanjakan atau digunakan sia-sia. Selain untuk digunakan untuk biaya pulang kamung, berlibur dengan keluarga kamu, sebaiknya THR pun bisa disisakan untuk tabungan. Kamu sebaiknya lebih cermat dalam mengalokasikan dana THR ini jangan sampai setelah hari raya kamu malah harus berhutang. Mari  kita bahas bagaimana caranya mengalokasikan dana THR dengan baik :

GAJI dan THR Tidak Cukup?

Tahukah kamu bahwa gaji dan thr itu berbeda? Maka penggunaannya pun harus berbeda. Misalnya biaya-biaya apa yang harus dibayarkan dari gaji bulanan mana yang harus kamu dari THR. Biaya rumah tangga seperti listrik, telepon, air, kartu kredit harus dibayarkan dari gaji bulanan. Sedangkan biaya hari raya seperti zakat, mudik, uang amplop harus dialokasikan dari dana THR. Jika kamu membedakan pengeluran berdasarkan sumber dana kamu akan lebih tenang dalam mengeluarkan uang.

Bingung Merayakan Hari Raya Dimana

Bagi kamu yang masih belum tahu pos-pos biaya hari raya berikut ini akan kami jelaskan dibawah agar kantong kamu tidak bocor ketika hari raya datang : (a) Biaya amal, (b) baiaya makan atau suguhan, (c) biaya busana dan perlengkapan ibadah, (d) THR orang-orang yang bekerja untuk kamu misalnya assisten rumah tangga, supir dan lain-lain. Jangan lupa juga poskan uang kamu untuk biaya berpergian jika kamu pulang kampung atau berlibur ke suatu tempat.

Biaya Tak Terduga

 

Selalu menyisakan 10 persen dari jumlah THR kamu untuk biaya tak terduga. Biaya tak terduga tersebut sebisa mungkin tidak bisa diganggu gugat. Kalaupun seusai hari raya ternyata dana ini tidak terpakai, kamu bisa menabungnya atau digunakan untuk hal lain berdasarkan prioritas kebutuhan kamu.

Jumlah Biaya yang Ditabungkan

Jangan korbankan jumlah dana tak terduga 10 persen sebagai tabungan kamu. Jika kamu ingin menabung kamu harus menambahkan alokasi pos biaya dari THR kamu. Tapi kamu harus siap dengan konsekuensi bahwa jumlah dana yang kamu gunakan pada saat hari raya semakin berkurang.

Kartu Kredit

Jika pengeluaran kamu banyak tapi dana yang masuk kamu sangat terbatas, jangan sekali-kali kamu gunakan kartu kredit untuk menutupi sisa pengeluaran. Karena akan menimbulkan masalah dan hutang yang besar di kemudian hari. Kamu tidak bisa mengeluhkan kalau uang THR yang kamu terima itu tidaklah cukup. Besar kecilnya THR yang kita akan terasa cukup jika kita bisa mengaturnya dengan baik. Kamu adalah pemegang kendali keuanganmu, jadi usahakan pengleuaran pada hari raya tidak besar dari uang THR kamu. Bijaklah dalam menggunakan uang THR kamu. Good Luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s