10 Pekerjaan Sampingan Yang Diminati Oleh Mahasiswa

Need Extra Money? Not All Side Jobs Are Created Equal

Careerbuilder.co.id – Pekerjaan Sampingan merupakan salah satu hal yang cukup diminati di kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang mencoba peruntungan untuk bisa bekerja part time atau freelance sambil kuliah demi mendapatkan sebuah pengalaman serta kebanggaan dan juga pastinya penghasilan. Dari hasil beberapa survey yang pernah dilakukan, berikut adalah beberapa jenis atau bidang pekerjaan sampingan yang paling digandrungi dan sering dilakukan oleh mahasiswa.

Beberapa Pekerjaan Sampingan Yang Diminati Oleh Kalangan Mahasiswa:

 1. Guru Private

Alternatif pekerjaan yang pertama adalah menjadi seorang guru private. Pekerjaan sebagai tenaga pengajar dapat menjadi salah satu pilihan pekerjaan sampingan yang cukup menarik bagi mahasiswa karena melalui pekerjaan ini, mereka bisa memberikan ilmu sesuai dengan bidang kompetensi yang mereka pelajari di bangku kuliah. Selain mendapatkan tambahan uang sampingan, mereka juga bisa mempunyai kebanggaan tersendiri jika murid-murid mereka bisa bertambah pintar dengan mendapatkan nilai yang bagus.

 2. Restoran Pelayan/Waitress 

Menjadi seorang pelayan restoran dapat menjadi salah satu contoh pekerjaan menarik yang dapat kita lakukan sambil kita juga dapat tetap kuliah. Kita juga bisa belajar bagaimana membagi waktu antara kuliah sambil bekerja di restoran.

 3. Pengasuh Anak / Babbysitter

Alternatif pekerjaan ketiga adalah dapat menjadi pengasuh anak. Jenis pekerjaan ini juga terbilang menarik dan dapat memberikan kita pengalaman bagaimana menjaga anak yang baik.

 4. Pekerja Magang (Internship) & Freelance

Memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang web developer atau programmer freelance adalah pilihan pekerjaan yang menjanjikan, khususnya bagi mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika. Pekerjaan sebagai tenaga lepas web developer dapat memberikan kita pengalaman untuk dapat membuat sebuah aplikasi program yang sederhana.

5. Copywriter

Pekerjaan sebagai copywriter atau penulis juga merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang diminati oleh mahasiswa, terutama bagi mahasiswa dengan latar belakang jurusan jurnalistik, studi kepustakaan, komunikasi, serta graphic design. Selain mendapatkan pengalaman dan penghasilan, tidak jarang dari mereka yang juga berhasil menciptakan personal brand melalui tulisan-tulisan mereka.

 6. Data Entry

Pekerjaan sebagai data entry adalah pilihan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa saat ingin mendapatkan pekerjaan sampingan. Pekerjaan ini bersifat administratif, dan lebih mengedepankan ketelitian dan konsistensi. Requirement atau persyaratan yang tidak terlalu berat menjadikan pekerjaan ini sebagai pilihan pertama bagi mahasiswa dalam mencari pekerjaan sampingan.

 7. Asisten Dosen

Selain data entry, menjadi asisten dosen juga sangat diminati di kalangan mahasiswa, mengingat lingkungan kerjanya yang lebih banyak dihabiskan di lingkungan kampus memberikan kemudahan dalam mengatur waktu antara bekerja dengan kuliah, serta dapat menjalin hubungan baik dengan dosen membuat pekerjaan ini banyak diminati oleh mahasiswa.

 8. Digital/Online Marketing

Selain mendapatkan penghasilan yang lumayan besar, keuntungan dari memiliki pekerjaan sampingan sebagai digital/online marketing adalah dapat dikerjakan dari rumah dan tidak mengharuskan menghabiskan waktu di dalam ruangan kantor. Pekerjaan ini meliputi aktifitas jual-beli, promosi dan pemasaran suatu produk atau merk secara online.

 9. Photographer

Pekerjaan sebagai fotografer memang memiliki kesenangan tersendiri karena pekerjaan ini didasari dari hobi dan minat seseorang. Maka jangan heran jika banyak kalangan mahasiswa yang bersedia menjadi seorang fotografer magang di beberapa perusahaan meskipun dengan bayaran yang tidak terlalu besar.

10. Teknisi

Pekerjaan sebagai teknisi juga merupakan pekerjaan sampingan yang sering diincar kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan teknik, seperti teknik mesin informatika, dan beberapa jurusan teknik lainnya. Keuntungan dari memiliki pekerjaan sampingan sebagai teknisi adalah dapat langsung mengaplikasikan atau mempraktekan apa yang dipelajari di bangku kuliah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s