Pentingnya Referensi Pekerjaan

Referensi Kerja

Careerbuilder.co.id – Mencari dan melamar pekerjaan mungkin adalah merupakan pekerjaan yang melelahkan. Dengan melihat setiap halaman resume yang datang dengan uraian dari kualifikasi Anda, sebuah surat lamaran yang menampilkan minat Anda dan wawancara yang mempertanyakan bakat dan kemampuan Anda. Untuk dapat memverifikasi semua ini, biasanya pemberi erja juga akan meminta referensi. Hal ini terlihat masuk akal sebab pemberi kerja akan mencari pekerja yang potensial dengan memastikan bahwa mereka telah melakukan sebuah investasi yang cerdasr, apakah referensi pekerjaan benar-benar diperlukan atau bahkan masih berlaku?

Hal yang benar adalah bahwa meski internet juga telah membuat untuk bisa melakukan verifikasi karyawan lebih mudah, memberikan referensi adalah kesempatan yang baik bagi pengusaha untuk mempelajari lebih lanjut tentang calon, serta cara bagi karyawan yang potensial untuk bisa memberikan kesan yang baik bagi manajer perekrutan.

Jadi bagaimana Anda bisa memastikan bahwa referensi penawaran Anda akan menawarkan sebuah review yang menarik dan bisa membantu Anda mengatasi rintangan terakhir sebelum penawaran kerjaan? Membaca untuk bisa mempelajari apa yang Anda butuhkan tentang referensi kerja dan bagaimana hubungan profesional yang dapat membantu atau juga bisa membuat pencarian pekerjaan yang sukses.

Mengapa pengusaha meminta referensi?

Meskipun langkah ini tidak diperlukan oleh semua pengusaha, permintaan referensi untuk membantu manajer saat ingin mempekerjakan karyawan mereka dengan melakukan verifikasi riwayat pekerjaan mereka.

Pendiri Leadership Solutions, Jene Kapela mengatakan bahwa “ pada tingkat yang paling dasar, referensi akan memberikan konfirmasi informasi yang diberikan oleh calon karyawan secara akurat. Referensi juga bisa memberikan gambaran yang lebih rinci tentang bagaimana pola pendekatan dari perekrutan yang dilakukan oleh seorang manager. Sebagai contoh, bagaimana calon nantinya bisa bergaul dengan rekan kerja? Menganggapi supervisor? Mengambil inisiatif? Menambahkan nilai pada organisasi? “Hal ini terutama adalah mengapa pengusaha lebih memilih referensi profesional kepada siapa Anda bekerja dan bukan referensi pribadi. Meskipun kakek nenak Anda mungkin berpikir bahwa anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, bos sebelumnya akan memberikan yang terbaik bagi Anda.

“Manajer akan mempekerjakan juga dengan menggunakan referensi untuk bisa membuat sebuah keputusan akhir tentang kandidat yang ingin dipekerjakan,” Kapela menambahkan “Jika dua kandidat sama-sama kuat tetapi mempunyai referensi yang lebih baik, manajer perekrutan akan mempertimbangkan orang dengan referensi calon yang lebih baik.”

Siapa yang membuat referensi baik?

Meskipun langkah ini akan dapat membuat beberapa jenis pekerjaan tambahan dalam pencarian kerja Anda, maka hal tersebut akan bisa memberikan referensi yang berkualitas dan akan memiliki dampak besar bagi seorang pekerja. Senior managing director dari perusahaan perekrutan The Execu Search Group’s | divisi perawatan kesehatan, Katie Niekrash mengatakan bahwa “Ketika memilih referensi, Anda ingin memastikan mereka semua akan memberikan konsistensi potensial tenaga kerja, selalu mempertimbangkan hubungan antara Anda dengan mereka, apakah Anda bekerja sama dengan baik? Dapatkah mereka mengomentari kekuatan dan prestasi Anda? Apakah mereka mempunyai hal-hal besar untuk mengatakan tentang gaya manajemen Anda?”

Bagaimana Anda meminta seseorang untuk menjadi referensi?

Saat memberikan referensi, kesalahan terbesar Anda adalah dengan tidak terlebih dahulu meminta ijin tentang referensi yang ingin Anda minta. Tidak hanya akan dikejutkan oleh panggilan dari manajer yang memperkerjakan, mereka mungkin tidak mempunyai sesuatu yang baik untuk dikatakan atau tidak sama sekali.

Langkah pertama adalah untu menghubungkan atau berhubungan kembali dengan refernesi yang potensial. Niekrash mengatakan “Ketika menjangkau referensi yang potensial, sebelum memberikan pertanyaan, mengingatkan mereka siapa Anda dan kepada siapa nantinya Anda akan bekerjasama dan penjelasan apa yang ingin Anda Capai. Ketika saatnya untuk meminta mereka untuk menjadi referensi Anda dan mereka setuju, segera kita tindaklanjuti dengan cepat dengan menggunakan email balasan yang lebih spesifik tentan gposisi apa yang Anda lamar dan mengapa Anda berpikir peran tersebut cocok untuk Anda. Anda tidak pernah ingin memberitahu referensi Anda persis apa yang harus dikatakan dalam rekomendasi mereka, tetapi menjelaskan mengapa Anda berpikir Anda aan berhasil dalam posisi akan membantu referensi Anda mengantisipasi apa yang harus dikatakan.”

Bagaimana Anda memberikan referensi untuk majikan?

Meskipun kebanyakan pencari kerja meminta, Anda tidak perlu untuk menawarkan referensi Anda. Bahkan jika Anda menandai “Referensi tersedia atas permintaan” pada resume Anda, Anda bisa mengambil sebuah ruangan yang berharga yang bisa ANda gunaan untuk dapat lebih berprestasi dengan ketrampilan Anda sebagai gantinya. Hal ini adalah karena pengusaha mempunyai asumsi bahwa Anda bisa menyediakan referensi saat tahap tersebut telah tercapai.

Setelah waktu tersebut telah tiba, Anda harus mempunyai rincian yang lengkap tentang mereka dan juga siap untuk pergi. Depew mengatakan “informasi kontak untuk referensi harus mencakup bagians eperti nama, judul, organisasi, alamat, nomor telepon dan alamat email.” Anda juga harus bisa mengatakan berapa lama Anda telah mengenal mereka dan dalam kapasitas apa.

Ada sebuah referensi lineup all star yang bisa menjadi persiapan cadangan untuk kualifikasi Anda dan pemberi kerja akan merasakan antusias tentang potensi Anda dan bisa membantu mencarikan pekerjaan sesuai dengan penawaran kerja. Waktu tersebut akan cukup baik untuk diinvestasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s