SUDAH JENUH BEKERJA, AKU HARUS APA?

16

Rutinitas yang setiap hari Kamu lakukan dapat mendatangkan rasa bosan, dan masalah tersebut jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk pada profesi maupun pada lingkungan Kamu bekerja.

Ada banyak faktor yang menimbulkan rasa bosan pada pekerjaan rutin, mungkin karena faktor lamanya perjalanan dari rumah hingga sampai ke kantor Kamu, atau mungkin bisa dari teman-teman kantor yang kurang akrab, atau faktor tekanan yang tidak dapat Kamu atasi.

Intropeksi daripada memperuncing masalahnya dengan mengeluh kepada teman-teman kantor atau kepada orang terdekat, intropeksi diri merupakan langkah awal, bikinlah daftar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada diri sendiri seperti:

  • Kenapa saya bisa menjadi bosan dan malas pada pekerjaan saya?
  • Apakah karena lingkungan atau rekan kerja saya?
  • Apakah karena beban tugas-tugas yang dilimpahkan pada saya?
  • Apakah perasaan tidak suka ini muncul karena budaya kerja di perusahaan?
  • Apakah ini perasaan baru atau saya memang tidak menyukainya sejak lama?

Ketika Kamu sudah bisa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, segera Kamu telusuri lebih dalam lagi inti dari masalah tersebut.

Tentukan langkah selanjutnya apakah masalah tersebut dapat diatasi atau tidak, jika tidak mungkin sudah saatnya Kamu memikirkan untuk mencari pekerjaan yang baru.

Dimanakah sumber masalah tersebut? Pikirkan secara matang dan dengan perhitungan yang sangat teliti, dimanakah sumber masalah tersebut? Apakah karena diri Kamu sendiri atau karena pekerjaan yang sudah menjadi beban untuk Kamu?Jangan terlalu cepat mengambil keputusan jika Kamu sudah melakukan ini.

Berdiskusi Dengan Atasan Ada baiknya jika Kamu mendiskusikan masalah tersebut dengan atasan, sebelum rasa bosan Kamu menjadi kendala bagi diri Kamu dan teman seprofesi, sebaiknya minta arahan dari atasan Kamu.Berdiskusilah dengan tenang dan bangun suasana kekeluargaan yang menyenangkan.

Jangan Cepat Mengambil Keputusan Untuk Berhenti Pikirkan dengan matang dan tanpa emosi sebelum Kamu mengambil keputusan untuk berhenti dari pekerjaan Kamu, pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya jika Kamu memang memutuskan untuk berhenti.

Jika Kamu belum mendapatkan pekerjaan yang baru, usahakan Kamu tetap bertindak profesional dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Dewasa Dalam bersikap Fokus dan berpikir positif untuk semua pengalaman-pengalaman di kantor Kamu, jika mempunyai pengalaman buruk saat bekerja, coba untuk melupakan pengalaman tersebut.

Jika memang Kamu tidak bisa melupakan pengalaman tersebut, lebih baik mencari pekerjaan di kantor yang lain. Tentukan Langkah Kamu Kaji kembali karir yang Anda ingin tekuni, proses apa sajakah yang sudah Kamu lalui dalam mencapai karir Kamu saat ini?

Tentukan langkah Kamu berikutnya, apakah pekerjaan Kamuyang sekarang cukup berharga untuk dipertahankan atau memang sudah waktunya Kamu pindah perusahaan. Rasa bosan memang hambatan yang cukup mengganggu dalam berkarir, tidak hanya menghambat Anda namun juga lingkungan di tempat Kamubekerja, berfikir positif dalam menjalani tugas-tugas yang diberikan secara tidak langsung sangat berguna untuk mengikis rasa bosan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s