Yakinkan HRD Bahwa Kamu Kandidat Terbaik

15b

Pencari Kerja  seharusnya ketika memasukkan lamaran ke suatu perusahaan sudah mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya. Biasanya, suatu perusahaan jika tertarik dengan CV dan resume Kamu akan menghubungi melalui telepon atau melalui E-mail Kamu.

Tentunya, bagian recruitment yang menghubungi Kamu ingin terlebih dahulu mengenal karakter Kamu, apakah cocok dengan lingkungan kantor atau membawa dampak baik atau burukkah bagi sesama staff.

Interview merupakan salah satu tahapan yang sangat menentukan untuk Kamu diterima atau tidaknya pada suatu perusahaan, jika Anda bisa membuat interview berkesan, kemungkinan besar mereka akan memasukkan Anda ke tahap selanjutnya, atau, jika memang mereka terkesan dengan Anda sewaktu interview, mereka akan langsung mulai membahas poin-poin penting seperti: “Kapan bisa mulai bekerja?”, “Kamu mengharapkan gaji berapa?”, tapi jika mereka tidak terlalu terkesan, biasanya Anda dijanjikan akan dihubungi lagi setelah mereka menimbang-nimbang interview Anda.

Jadi, interview memang merupakan tahapan terpenting dalam menentukan diterima atau tidaknya Kamu.

Lalu bagaimana caranya agar interview Kamu jadi berkesan dan meyakinkan? Berikut merupakan sedikit tips dasar dalam membangun interview yang berkesan, setelah itu tergantung dari improvisasi Anda.

Pilihlah Pakaian yang Berwarna Cerah, Usahakan tampilan Kamu bernuansa cerah dan tidak suram, hindari memakai kemeja berwarna gelap, dan usahakan jangan menggulung lengan kemeja jika Anda memakai kemeja langan panjang.

Segar dan Rapih, Tidur yang cukup bisa membantu tampilan Kamu terlihat segar, selain itu, Kamu akan dapat bertindak dengan perhitungan yang matang.

Senyum Jangan terlihat tegang, relax dan usahakan selalu tersenyum ketika menjawab pertanyaan, tampilkan kesan bersahabat namun profesional pada diri Kamu. Jabatlah tangan orang yang akan mewawancarai Kamu dengan erat dan menatap matanya dengan tatapan profesional.

Straight to the Point, Jangan berbelit belit, jawab semua pertanyaan dengan singkat dan mengena. Posisi Kamu duduk juga menentukan kenyamanan Kamu.

Impress Them, Yakinkan mereka dengan resume dan pengalaman kerja Kamu, jika Kamu baru pertama kali interview, usahakan ceritakan harapan Kamu pada perusahaan jika mereka menerima Kamu. Jawab setiap pertanyaan dengan meyakinkan dan tanpa keraguan, berikan sedikit solusi namun tanpa menggurui di sela-sela jawaban Kamu.

Interview pekerjaan ibaratnya Kamu sedang menjual kemampuan Kamu kepada perusahaan yang dituju, hal penting yang Kamu harus lakukan adalah meyakinkan mereka untuk mempekerjakan Kamu. Jika dari wawancara pertama Kamu sudah meyakinkan, langkah selanjutnya tidak akan begitu sulit.

One thought on “Yakinkan HRD Bahwa Kamu Kandidat Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s