Reputasi Dalam Dunia Kerja

21b

Efek sosial cukup menentukan seberapa berpengaruh seseorang di tempat kerjanya. Untuk itu bisa dikatakan penting untuk menjaga reputasi kerja yang baik, tidak terkecuali ke sesama rekan kerja dan atasan. Terlalu aktif bisa jadi akan menjebak Kamu di situasi sosial yang serba salah, sebaliknya jika Kamu  terlalu pasif akan menempatkan Kamu di kondisi yang canggung di setiap saat.

Waktu bekerja bisa menjadi sangat menyenangkan atau bisa jadi menyeramkan untuk beberapa orang. Isu – isu sosial lingkungan kantor terhadap Kamu pastinya berpengaruh pada kenyamanan bekerja, lebih spesifik lagi, kinerja Kamu.

Mengerti kapan harus menahan diri. Sangatlah bijak jika Kamu dapat mengerti kapan harus menahan diri ketika bersosialisasi di kantor. Tanpa bermaksud menjauhi teman kantor, terkadang keputusan untuk menjaga jarak dari individu yang offensive dapat menyelamatkan Kamu dari isu liar seputar diri Kamu.

Jangan libatkan terlalu banyak emosi. Fokus dengan tujuan apa yang membuat Kamu berada di perusahaan sekarang Kamu bekerja, jangan terlalu terpaku dengan isu nan sarat akan emosi dengan tanpa mengetahui asal usulnya. Office morale memang penting, mengutarakan kepedulian kepada kolega kerja yang sedang tertimpa masalah akan sangat membantu Kamu dan rekan kerja semakin solid, selain itu juga dapat membantu Kamu mengenali diri sendiri.

Inner circle? Hmm. Tak bisa dipungkiri, setiap pekerja pasti memiliki grup tersendiri yang dianggapnya cocok dan dekat, tempatnya berbagi cerita seputar keluarga dan hal yang cenderung pribadi. Memang nyaman jika mendapati rekan kerja yang memiliki pandangan sama, namun alangkah baiknya jika ini diimbangi dengan kinerja yang baik, sehingga rekan dan kolega lain tidak mendapati ketidakseimbangan antara aktivitas sosial kantor dan performa kerja Kamu.

Apapun itu, bijaklah dalam mengendalikan diri ketika bersosialisasi di kantor. Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. So, simply enjoy your workplace !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s