Waspada Perusahaan Fiktif!

Company-Settles-with-Bank-in-Wire-Fraud-Lawsuit-447771-2

Kamu baru lulus kuliah atau sedang mencari kesempatan di perusahaan lain? Tentunya bagi kamu yang baru saja lulus, pasti banyak menyebar CV agar bisa cepat mencari perusahaan yang sesuai dengan bidang yang kamu tekuni.

Begitu banyak perusahaan-perusahaan di Jakarta yang mau mempekerjakan tenaga Fresh Graduate, tawaran mereka pun sangat menarik dan menjamin karier kamu. Namun, ada beberapa faktor yang harus kamu teliti sebelum memberikan CV dan mendatangi undangan interview suatu perusahaan.

Mungkin kamu pernah mendengar berbagai kasus dari teman-teman ataupun dari berita, seperti mendapat tawaran wawancara kerja namun dipungut biaya dan lain sebagainya, karena itu, perhatikan beberapa hal penting yang dapat menghindari kamu dari jeratan perusahaan-perusahaan fiktif yang berkembang belakangan ini.

Nama Perusahaan Tidak Jelas Biasanya, perusahaan fiktif sangat jarang memberikan nama perusahaannya, walaupun mereka memberikan nama perusahaannya, ada baiknya kamu mencari tahu apa? Dimana? Dan jenis usaha yang mereka kelola.

Bagaimana jika kamu menemukan lowongan kerja dengan nama perusahaan: Company Confidential? Ada 2 kemungkinan, pertama, perusahaan tersebut bukanlah perusahaan fiktif tapi merupakan perusahaan besar yang sengaja menyembunyikan identitas mereka, mengapa? Agar mereka mendapatkan staff yang benar-benar termasuk kriteria, terkadang suatu perusahaan merasa kecolongan jika mereka memberikan informasi detail, karena para pencari kerja akan mencari tahu dan mencocokan resume mereka agar sesuai dengan apa yang mereka cari.

Kedua, ya tepat! Bisa jadi mereka merupakan perusahaan fiktif, coba kamu cari tahu alamatnya dan informasi detail lainnya sebelum kamu mendatangi tawaran wawancara mereka.

Menghubungi Tidak Sesuai Prosedur Suatu perusahaan fiktif tentunya mempunyai berbagai macam cara untuk menarik “mangsa” mereka, dan mereka akan menghubungi kamu tidak sesuai prosedur suatu perusahaan yang legal.

Misalnya, jika mereka menghubungi kamu lewat E-mail, perhatikan alamat E-mail mereka, sepantasnya jika suatu perusahaan itu legal, mereka mempunyai nama E-mail yang sesuai dengan nama perusahaan tersebut, contoh: HR@perusahaanbesar.co.id, bukan seperti: HR@yahho.com, kamu perlu waspada.

Dan perhatikan, pada hari apa dan jam berapa mereka menghubungi kamu? Biasanya mereka menghubungi kamu pada hari-hari dimana jam kerja tidak berlaku, seperti pada hari minggu pagi dan menggunakan nomor handphone. Perusahaan yang benar tidak akan menghubungi kamu pada hari libur, namun pasti pada jam kerja.

Membingungkan Kamu tidak pernah memasukkan lamaran kamu tapi mereka mengundang wawancara? Hati-hati, sekali lagi, kamu harus mencari tahu detail perusahaan tersebut, kalau mereka mengundang kamu lewat E-mail, tanyakan informasi detail seputar posisi yang mereka tawarkan dan informasi mengenai perusahaan tersebut.

Jika ternyata perusahaan tersebut merupakan suatu perusahaan yang resmi, selamat, berarti mereka memang tertarik dengan resume kamu yang mungkin kamu posting di media social atau mendapat referensi lainnya dari kerabat yang mengetahui kemampuan kamu.

Melempar resume sebanyak mungkin merupakan salah satu strategi yang efektif untuk kamu menyaring perusahaan yang diinginkan, dan media yang paling aman saat ini adalah informasi-informasi lowongan yang terdapat di internet, namun, waspada sangat diperlukan mengingat kamu sedang mencari pengalaman dan bekerja untuk karir, jangan sampai kamu tertipu.

One thought on “Waspada Perusahaan Fiktif!

  1. Absolutely Harus WASPADA, sudah dua kali saya tertipu, yg satu dengan Lembaga Besar, besar infonya, besar strategy mencari mangsanya dan besar kantornya..tetapi..all bulshit hasilnya, kantor yang bergerak dibidang pialang dan yang kedua dengan kantor yang amburadul, iming2 akan menyalurkan tenaga kerja ke perusahaan2 yang membutuhkan, ujung2nya nonsense, mereka hanya mengambil uang calon karyawan untuk menjadi karyawan tanpa test dengan membayar 850,000 rupiah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s